Notification

×

Iklan

Iklan

AKSELERASI FORUM PEGIAT LITERASI PADANG PANJANG DISAMBUT ANTUSIAS OLEH KEPALA PERPUSNAS RI

15 Maret 2017 | 10.59 WIB Last Updated 2017-03-15T04:03:23Z

Jakarta - Gerak cepat dari pejuang Literasi Kota Padang Panjang memang perlu diberikan apresiasi. Seminggu pasca terbentuk,  beberapa program nyata yang siap diaplikasikan ke masyarakat telah tersusun. Adanya program akselerasi ini diharapkan bisa menarik minat masyarakat tentang literasi secara lebih masif. Dan agenda yang paling dekat adalah kehadiran " Lapak Baca " yang rencananya akan diadakan di Lapangan Bancah Laweh - Kota Padang Panjang pada hari Minggu 26 Maret 2017 mendatang.

Dengan adanya Lapak Baca ini diharapkan masyarakat mengenal lebih dekat tentang literasi dan hadirnya Forum Pegiat Literasi di kotanya. Literasi moderen sendiri saat ini telah berkembang sangat kompleks dan komprehensif. Tidak hanya membaca dan menulis , namun literasi moderen sudah merambah kepada mendongeng, berpuisi, literasi video dan audio, bahkan termasuk Literasi dalam dunia digital.


Semangat dan antusiasme para pegiat ini ternyata tidak bertepuk sebelah tangan. Pihak Pemerintah Kota Padang Panjang, dalam hal ini Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Padang Panjang melakukan gerak akselerasi dalam memfasilitasi forum ini. Tak tanggung-tanggung Plt. Kadis Arsip dan Perpustakaan langsung terbang ke Jakarta sehari setelah rapat program kerja dengan Forum Pegiat Literasi Padang Panjang. Kali ini Pak Datuk Alvi Sena, S.T., M.T.,  bermaksud untuk berdiskusi dengan Kepala Perpustakaan Nasional RI dan sejumlah pejabat Perpusnas RI lainnya, Selasa, 14 Maret 2017 di Jakarta. 

Salah satu poin penting yang dibawanya adalah menyampaikan informasi bahwa telah terbentuk Forum Pegiat Literasi Padang Panjang dan Rencana Aksi Daerah untuk pengembangan literasi Kota Padangpanjang.


Sambutan baik dan antusiasme dari Kepala PERPUSNAS RI, Drs. Muhammad Syarif Bando MM atas terbentuknya Forum Pegiat Literasi Padang Panjang ini disampaikan kepada Pak Datuk Alvi. Beberapa program yang mampu disinergikan dalam pemasyarakatan Literasi dibahas dalam pertemuan tersebut. Tak lupa, beberapa dukungan lain yang berkaitan dengan sarana juga dibahas seperti Mobil Pusteling dan Buku Komunitas.



Dalam kunjungannya ke Kemendikbud RI, Pak Datuk Alvi juga mendapat sambutan yang baik mengenai rencana gerakan literasi ini. Dan buah mata berupa keping CD yang berisi film-film edukatif dihadiahkan oleh Direktur Perfilman Kemendikbud RI, Maman Ekawijaya kepada Pak Datuk . Salah satunya berjudul   " Ada Surga Di Rumahmu ".

Diharapkan kerja-kerja akselerasi dalam mewujudkan Padang Panjang sebagai Kota Literasi dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Dan keterlibatan seluruh stakeholder dapat lebih optimal.

Inyong Budi
×
Kaba Nan Baru Update