Notification

×

Iklan

Iklan

Silek Minangkabau Dapat Pujian Dari Sri Sultan Hamengkubuwono X

22 Agustus 2017 | 07.49 WIB Last Updated 2017-08-22T00:49:45Z

Yogyakarta - Pahimpunan Tuo Silek Solok Selatan mendapatkan kehormatan untuk dapat tampil di Acara Festival Pencak Malioboro V di Yogyakarta pada tanggal 18 sampai dengan 20 Agustus 2017.

Kegiatan Internasional tersebut diikuti oleh sekitar enam ribu pesilat dari 70 perguruan yang berasal dari seluruh Indonesia dan negara-negara lainnya. Selain penampilan setiap perguruan, festival ini juga menggelar pawai pencak silat yang dimulai dari titik nol kilometer Yogyakarta.

“Solok Selatan mengirimkan 20 pesilat yang tergabung dalam pahimpunan tuo silek Solok Selatan, ditambah dengan 4 fasilitator,” ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa/Nagari Solok Selatan (Dinsos PMD), Sasrawati melalui wawancara (20/8/2017).

Penampilan dari Solok Selatan merupakan yang pertama kali sejak festival tersebut diadakan. Dan lansung mendapatkan sambutan yang meriah.

“Penampilan dari Pahimpunan Tuo Silek Solok Selatan mendapat pujian excelent (sempurna) dari Sri Sultan Hamengkubuwono X,” ujar Plt. Kepala Dinsos PMD, Basrial selaku fasilitator.

Ia juga mengatakan, Silek Solok Selatan juga mendapatkan penghargaan di Malam Pesona Silat Nusantara. “hanya 10 sasaran yang mendapatkan penghargaan tersebut, salah satunya Solok Selatan,” tambahnya.

Menurutnya, pengiriman tim Pahimpunan Tuo Silek Solok Selatan tersebut merupakan bagian dari kerjasama dengan rantau.

“Bupati selaku pendekar dan pak Wabup, sangat mendukung penuh penampilan silek Solok Selatan tersebut. Dan Alhamdulillah sukses serta mendapatkan sambutan hangat,” tuturnya.

Sementara itu, helatan dalam rangka pelestarian budaya silek Minangkabau, akan diselenggarakan kegiatan Minangkabau Silek Retreat 2017 di Padang Panjang dari tanggal 23 - 30 Agustus 2017. Gelaran ini dihadiri oleh para pesilat dari seluruh dunia.( Sumber: radiotemansejati)


Berikut video penampilan Pahimpunan Tuo Silek Solok Selatan di Yogyakarta ;

×
Kaba Nan Baru Update