Notification

×

Iklan

Iklan

Salah Satu Sekolah Tertua di Sumbar, SMA 1 Batusangkar Gelar Reuni Perak 93

18 Juni 2018 | 12.51 WIB Last Updated 2018-11-17T06:05:22Z

Batusangkar - Idul Fitri untuk menjalin silaturahmi dijadikan momentum untuk melaksanakan reuni bertemu dan berkumpul dengan teman-teman semasa menimba ilmu di bangku sekolah dahulu.

Tidak ketinggalan Alumni SMA 1 Batusangkar juga menggelar Reuni Perak ’93 dan Lintas Angkatan di Ballroom Hotel Emersia Batusangkar, Senin (17/6) malam.

Dihadiri lebih kurang 2.000 alumni dari berbagai angkatan, SMA 1 Batusangkar termasuk SMA tertua di Sumatera Barat didirikan tahun 1954, sebelumnya telah menggelar beberapa kegiatan seperti aksi sosial donor darah dan khitanan massal anak-anak sekitar kota Batusangkar.

Bupati Irdinansyah Tarmizi yang berkesempatan hadir, menyampaikan apresiasi kepada alumni SMA 1 Batusangkar yang sukses menggelar reuni lintas angkatan.

“SMA 1 Batusangkar merupakan kebanggaan Tanah Datar, melihat begitu besar kontribusi dan perannya untuk kemajuan Tanah Datar,” ucap Irdinansyah.



Disebutkan, SMA 1 Batusangkar telah banyak melahirkan tokoh-tokoh yang berkiprah di tingkat nasional, regional maupun daerah yang turut memberi sumbangsih yang besar baik dalam bentuk materi maupun non materi demi kemajuan Tanah Datar.

“Pimpinan daerah di Tanah Datar pernah berasal dari Tanah Datar, jajaran ASN pemerintah Kabupaten Tanah Datar pun mulai dari Sekda, kepala dinas dan berbagai posisi lainnya banyak diisi oleh alumni SMA 1 Batusangkar,” sebut Irdinansyah.

Disampaikan atas kontribusi dan kerja keras unsur alumni ini, turut menyumbang keberhasilan Tanah Datar di berbagai bidang, di antaranya peningkatan laju pertumbuhan ekonomi, Opini WTP 6 kali secara berturut-turut, Prediket B “Baik” atas kinerja pembangunan dan Perencanaan Pembanguan terbaik tingkat Sumbar dan masuk 14 besar Nasional dari lebih kurang 390 kabupaten se Indonesia. 

“Untuk itu, perlu dipikirkan secara bersama-sama baik alumni, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan pihak sekolah mengembangkan kualitas pendidikan peserta didik lebih baik lagi serta menciptakan kenyamanan proses belajar mengajar,” ajak Irdinansyah.

Di kesempatan itu Irdinansyah memuji langkah pengurus DPP Ikasmansa yang melaunching kartu alumni dengan menggandeng Bank Nagari. “Ini untuk pertama kalinya di Sumatera Barat, Alumni sekolah mempunyai kartu anggota yang juga punya fungsi sebagai kartu debet,” sampainya.

Sebelumnya Ketua DPP Ikasmansa Arkadius Dt. Intan Bano menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada alumni angkatan 1993 (Setia) sebagai panitia pelaksanayang telah mengangkat acara reuni dengan baik dan berjalan sukses dan meriah.  

Disampaikan juga, telah dibentuk kepengurusan DPP Ikasmansa periode 2017-2021 dan ditelah disusunnya program kerja. “Saat ini kita sedang mengurus legalitas organisasi Ikasmansa ke Kemenkumham,” ucap Arkadius yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumbar.

“Dalam waktu dekat juga akan ditetapkan sekretariat alumni agar lebih maksimal pengorganisasian kegiatan,” sebut Arkadius.

Disampaikan DPP Ikasmansa dengan segala potensi yang dimiliki punya program memajukan sekolah. “Kita telah bantu 62 unit komputer beserta server untuk sekolah, mudah-mudahan bisa digunakan sebaik mungkin,” ucapnya.

Arkadius juga sampaikan komitmen mendukung dan mensukseskan program-program Pemerintah kabupaten Tanah Datar.



Sementara Kepala Sekolah SMA 1 Batusangkar Mardilius menyampaikan terima kasih kepada seluruh alumni. “Tidak terhitung bantuan yang diberikan untuk sekolah, alumni merupakan aset berharga bagi sekolah,” ucap Mardilius.

Selain bantuan komputer disampaikan, pembangunan Mushalla yang memakan biaya lebih Rp. 1 Milyar juga atas partisipasi alumni yang tersebar di seluruh tanah air.  

“Untuk prestasi SMA 1 Batusangkar yang telah melahirkan lebih kurang 15.000 alumni, tahun ini sebanyak 104 orang telah dipastikan diterima di PTN melalui jalur SNMPTN,” ujarnya.

Di kesempatan itu juga diserahkan estafet pelaksanaan kegiatan  reuni 2019 kepada alumni angkatan 1994 (Selamat) yang diterima secara simbolis oleh ketua angkatan 1994 Fendi Helfi.

Acara juga diisi dengan penyerahan kenangan-kenangan kepada majelis guru SMA 1 Batusangkar serta penetapan Bapak Khairul sebagai “most memorable teacher” atau guru paling berkesan serta pelaksanaan kegiatan dendang berhadiah.

Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Mukhlis, Kadis Dikbud Abrar, Sekretaris Perusahan Bank Nagari Cabang Sumatera Barat. (Hp/put)
×
Kaba Nan Baru Update