Notification

×

Iklan

Iklan

Menebar Lezatnya Rendang Hingga Ke Mancanegara

28 Juli 2018 | 23.18 WIB Last Updated 2018-07-28T17:02:36Z
Cara pengolahan rendang secara tradisional di Produsen rendang "Abak" di Batusangkar ( foto : Budi)

Pasbana.com  -- Tak ada yang meragukan kelezatan kuliner khas Minangkabau, Rendang. Hal ini juga dikuatkan dengan publikasi CNNGo. Com pada tahun 2011 yang memasukkan rendang sebagai makanan terlezat di dunia dalam sebuah survei bertajuk " The World's 50 Most Delicious Foods ".

Rendang bagi masyarakat Minangkabau bukan hanya sekedar makanan lezat, namun juga memiliki filosofi yang tinggi. Rendang merupakan perwujudan musyawarah untuk mufakat. Didalamnya terdapat empat bahan pokok yang melambangkan keutuhan masyarakat Minang.

Seiring dengan makin dikenalnya rendang sebagai makanan lezat oleh masyarakat dunia, permintaan terhadap makanan rendang dari berbagai daerah baik di dalam negeri maupun mancanegara terus meningkat.

Pengggunaan bumbu dan rempah-rempah alami menjadikan citarasa rendang menjadi lezat ( foto: Budi )

Sebelumnya hanya orang-orang Minangkabau yang di rantau, yang meminta dikirimkan rendang dari kampung halaman. Namun saat ini , konsumen yang bukan orang Minang pun terus bertambah. 

Orang Minang yang memiliki kebiasaan merantau, juga ikut menjadikan rendang berdiaspora ke mancanegara. Biasanya, setelah sang anak pergi merantau, sang bunda yang tinggal di kampung akan secara rutin mengirimkan rendang buatannya ke sang anak.

Proses diaspora kelezatan rendang pun terjadi. Tak jarang, rendang-rendang yang dikirim ke orang Minang yang di rantau ini merambat ke lidah-lidah asing. Inilah episode awal dari rangkaian penebar kelezatan rendang hingga ke mancanegara.

Kisah melanglang buananya rendang hingga ke mancanegara ini dialami oleh Rendang yang menggunakan merek dagang "Abak" dari Kabupaten Tanah Datar. Rendangnya saat ini telah beredar di Inggris. 

Adalah Munasprianto, seorang putra Tanah Datar yang menjadi dosen di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sambil menyelesaikan pendidikan doktoral nya di Manchester Inggris, dirinya memulai bisnis rendang di negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Rendang Abak sendiri tetap diproduksi di Batusangkar Tanah Datar oleh kakaknya, Nelfa Fatra. Dengan produksi yang baik dan alami serta didukung kemasan yang cantik, Rendang Abak dikirim ke mancanegara.

 Kecakapan Munasprianto dalam melihat pasar , rendang Abak tidak hanya dipasarkan di Inggris namun juga mulai merambah ke pasar Amerika Serikat, Asia, dan negara Eropa lainnya.

Pemasaran melalui dunia maya juga mulai dilakukan oleh Nelfa Fatra. Ia memasarkan produk rendangnya melalui Facebook dan toko online nya di www.rendangabak.com . Keberadaan media sosial juga memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pemasaran rendang ke Kota-kota lain baik di dalam maupun luar negeri.

Dengan makin meningkatnya permintaan rendang dari luar kota dan luar negeri, menumbuhkan beberapa Usaha Kecil dan Mikro ( UKM) produsen rendang di Sumatera Barat. Geliat ekonomi para produsen rendang ini bisa dilihat dari UKM produsen rendang yang ada di Payakumbuh,  Kota Padang Panjang dan Tanah Datar.

Untuk di Padang Panjang , para produsen rendang ini didukung oleh kualitas daging yang berkualitas dan terkenal dengan cita rasa ' manis '.Rumah Potong Hewan - Ruminansia ( RPH- R) di Kota Padang Panjang telah menerapkan pola Aman Sehat Utuh dan Halal ( ASUH ).

Ayu  , seorang pengusaha di bidang kuliner sering menerima pesanan rendang dari luar kota bahkan mancanegara. Meski pengiriman rendang ke luar negeri belum berjalan secara massal karena terbentur oleh sertifikasi dan legalitas, namun permintaan rendang terus masuk, ungkapnya.

Paket berisi rendang yang siap dikirim melalui jasa pengiriman JNE ( foto: dok. Abak )

Baik Nelfa Fatra maupun Ayu , untuk pengiriman rendang, mereka mempercayakan kepada jasa pengiriman JNE. Rendang yang siap dikirim, sebelumnya telah dikemas dengan baik dalam kemasan kotak plastik kedap udara. 

Hal ini bertujuan agar rendang bisa tahan lama , juga agar cita rasanya tetap terjaga.
Untuk memastikan bahwa kualitas rendang tetap terjaga hingga sampai di tangan konsumen, para produsen rendang ini memanfaatkan jasa pengiriman JNE Reguler atau YES. 

Bagi mereka, jasa pengiriman barang memegang peranan penting dalam menebar kelezatan rendang hingga ke mancanegara dengan kualitas yang masih terjaga baik.
( Budiono)



×
Kaba Nan Baru Update