Notification

×

Iklan

Iklan

TAJUK PASBANA : " Hari Pertama Sekolah, Momentum Emas Untuk Masa Depan Anak "

15 Juli 2018 | 19.41 WIB Last Updated 2019-05-03T12:17:06Z
Mengantar anak di hari pertama sekolah ( foto : istimewa)

PASBANA.com -- Hari pertama masuk sekolah untuk Tahun Ajaran baru secara nasional dilaksanakan mulai Senin besok ( 17/07 ) . Dan tahun 2018 ini , Kemdikbud mensosialisasikan sebuah  tema dalam tahun ajaran 2018/2019 yaitu " Kita Indonesia Kita Berkarakter Sejak Hari Pertama Sekolah."


Tema ini sesuai dengan program pendidikan berkarakter yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Dan untuk memudahkan pelaksanaanya, Kemdikbud menuangkan protapnya dalam Permendikbud RI Nomor 18 tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru.

Kita sama-sama berharap banyak dengan Hari pertama mengenal lingkungan sekolahnya, dapat menekan angka kenakalan di kalangan remaja secara signifikan. Dan ini butuh peranan dari orang tua dan seluruh elemen masyarakat.
Sekolah adalah wasilah atau sarana. Perhatian, dukungan dan empati seluruh elemen pendidikan bangsa sangat diperlukan.

Orang tua memiliki andil besar dalam membentuk generasi penerus yang berkarakter. Wujud yang sederhana adalah meluangkan waktu untuk mengantar anak di hari pertama nya sekolah setelah liburan panjang, besok hari.

Komunikasi perlu dijalin antara orang tua dan guru serta pihak sekolah. Memang ada sarana komunikasi yang mudah saat seperti halnya dengan menggunakan grup WhatsApp atau telegram,  yang didalamnya menampung ortu / wali murid dengan sang guru.

Namun pertemuan tatap muka tetap belum bisa digantikan sepenuhnya dengan kemudahan teknologi tadi.

Dengan meluangkan waktu untuk mengantar anak sekolah di hari pertama sekolah, Kita telah memulai momentum emas bagi masa depan anak-anak kita.

Dan orang tua bisa memastikan bahwa anak-anaknya telah mendapatkan hak pendidikan seperti yang dijamin UU.

Begitu pula sebaliknya, secara hubungan manusiawi guru juga mendapatkan chemistry-nya dengan orang tua dan wali murid. Sehingga bisa mengevaluasi sejauh mana keberhasilan dari proses belajar mengajar dengan sang murid selama di sekolah.

Memandang pentingnya memaksimalkan momentum di hari pertama sekolah ini, Kepala Daerah dan pihak-pihak terkait hendaknya bisa ikut mendukung dengan kebijakan dalam bentuk semacam edaran atau dispensasi terbatas bagi orang tua murid untuk mengantar anaknya ke sekolah.

Dukungan nyata telah ditunjukkan oleh Gubernur DKI Anis Baswedan dengan menghimbau orang tua murid untuk meluangkan waktu mengantar anak ke sekolah di hari pertama sekolah.[*]

Berikut video Gubernur DKI Anis Anis Baswedan bagi Orang tua murid agar mengantar anak ke sekolah di hari pertama sekolahnya ;

×
Berita Terbaru Update