Notification

×

Iklan

Iklan

Inyiak Balang Sambangi Pemukiman Di Pauh - Kota Padang

16 Agustus 2018 | 18.32 WIB Last Updated 2018-08-16T11:53:48Z
Sebuah foto yang menampakkan inyiak Balang di jalan setapak ( foto: @reza.afrinaldi)

Padang - Sudah satu minggu ini, masyarakat di Batu Busuk, Kelurahan Lambung Bukik , Kecamatan Pauh - Kota Padang merasa resah karena adanya harimau berkeliaran memasuki pemukiman mereka.

Hewan buas yang dalam masyarakat Minangkabau sering disebut dengan Inyiak Balang ini memasuki permukiman dan memangsa ternak warga.

"Sudah satu minggu ini kami tidak nyaman beraktivitas. Bahkan semalam inyiak (harimau) mulai masuk ke permukiman warga," terang warga Batu Busuk, Afrinaldi seperti yang dilansir haluan.com, Kamis (16/8).

Ia mengatakan, harimau itu sudah memangsa satu ekor kambing warga, dan sebelumnya juga ada beberapa peliharaan warga seperti anjing, dan beruk ikut diterkam.

Ia mwnamenambah bahwa beberapa hari sebelumnya inyiak itu cuma melihat-lihat dari jauh dan berjalan agar jauh dari kampung. Tapi  kini mulai masuk ke dapur warga, dan kandang-kandang milik warga.

 "Saya khawatir, soalnya saya juga punya ternak sapi. Takutnya saya jadi korbannya," ucapnya.

Ia menjelaskan, ada sekitar tiga kampung yang didatangi harimau, yakni Patamuan, Batu Busuk dan Bukik Tabuk. Kawasan tersebut ada sejumlah kepala keluarga yang bekerja sebagai petani, beternak, dan berkebun.

Warga sudah berupaya untuk mengusir hewan dilindungi itu dengan cara menembak (senapan angin). Namun, hal itu dicegah oleh Ketua RW setempat. 

"Pak RW nya melarang, karena harimau itu binatang dilindungi. Dan kami minta pihak terkait bisa membantu menyelesaikan konflik seperti ini," kata Afrinaldi.(ril)
×
Kaba Nan Baru Update