Notification

×

Iklan

Iklan

Solok Selatan Bakal Punya Bandara

24 Oktober 2018 | 23.47 WIB Last Updated 2018-10-24T16:47:37Z
Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria ( foto : Ist)

Solok Selatan - Setelah mengikuti rapat bersama Gubernur Irwan Prayitno dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman pada Selasa (16/10) yang lalu, Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria menyampaikan bahwa Solsel bakal punya bandar udara.

Pihak Menko Kemaritiman ternyata menyetujui pembangunan bandara di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Menurutnya, hal ini  ditujukan untuk mendukung pengembangan Kawasan Perkotaan Baru (KPB) oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Dalam rapat yang membahas percepatan pembangunan infrastruktur di Sumatera Barat ini  diikuti oleh sejumlah kementerian di gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman .

Dalam rapat tersebut disebutkan bahwa Solok Selatan berpeluang untuk dibangun bandara.

"Lahannya sudah ada di lokasi KPB seluas 200 hektare yang sudah bersertifikat, dan prosesnya menunggu hasil pra studi kelayakakan lokasi untuk pertimbangan awal," katanya.

Pembangunan bandara ini direncanakan di Nagari Dusun Tangah, Kecamatan Sangir Batang Hari.

Muzni menambahkan bahwa rencana pembangunan bandara itu sudah lama diusulkan ke pemerintah pusat seiring dengan ditetapkannya sebagian besar Rencana Kawasan Transmigrasi (RKT) di Kabupaten Solok Selatan jadi KPB oleh Kemendes PDTT.

Usulan pembangunan bandara dari Pemerintah Solok Selatan tersebut tahun ini direspon baik oleh pemerintah pusat.
Terkait berapa besaran dana yang akan dikucurkan untuk pembangunan bandara secara teknis pihaknya belum sampai mengkaji ke arah tersebut.

Termasuk juga persoalan teknis baik dari segi luas, bentuk atau pun nama yang akan diperuntukkan bagi bandara tersebut.

"Yang jelas Solok Selatan memiliki peluang dibantu oleh Kemenko Maritim membangun bandara dengan harapan rencana tersebut berjalan sukses dan lancar," ujarnya.

Selain itu pemerintah pusat juga akan membantu Solok Selatan sebesar Rp800 miliar untuk pembangunan tiga ruas jalan yang akan menghubungkan Solok Selatan dengan Dharmasraya dan Muarobungo, Jambi.( Rel )
×
Kaba Nan Baru Update