Notification

×

Iklan

Iklan

Bertekad Sukseskan UTBK 2019, ISI Padang Panjang Laksanakan Workshop Sistem

28 Februari 2019 | 19.45 WIB Last Updated 2019-02-28T12:45:18Z

Bukittinggi --- ISI Padangpanjang  melaksanakan Pelatihan dan Workshop Sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019, pada Rabu (27/02) di Hotel Rocky Bukitinggi.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Pembantu Rektor I, II dan III ISI Padangpanjang . Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dengan 21 peserta dari sekolah-sekolah SMA dan SMK se-Kota Padangpanjang sebagai Mitra dalam menyukseskan UTBK 2019,  jelas Andar Indra Sastra, Pembantu Rektor I ISI Padangpanjang  yang bertindak sebagai Ketua Panitia.

Rektor ISI Padangpanjang, Prof. Novesar Jamarun dalam pembukaannya menyatakan ini merupakan kali pertama melaksanakan UTBK secara Nasional.


" Setelah melakukan kerjasama dengan 5 SMA dan SMK di Kota Padangpanjang dapat memiliki 460 komputer dalam melaksanakan ujian UTBK nanti, "  paparnya.

Andar Indra Sastra menambahkan, sekitar awal bulan Maret 2019 akan dilaksanakan uji coba beberapa kali agar antara ISI Padangpanjang dengan mitra benar-benar siap dalam menghadapi UTBK nantinya.
Novesar Jamarun menambahkan, Pendaftaran UTBK sudah dapat dilakukan pada 1 Maret ini.

" Silahkan mendaftar siswa-siswinya lebih awal agar tidak bermasalah dengan jaringan," saran Rektor ISI Padang Panjang ini.

Pendaftaran UTBK gelombang pertama dibuka pada tanggal  1 s/d 24 Maret 2019 , dan Gelombang kedua 25 Maret-1 April 2019.

" Selanjutnya kita berharap kesedian bapak dan ibu bekerja menjalankan tugas Negara sekaligus berbakti untuk  Padangpanjang dari 13 April sampai dengan 26 Mei dan admin Lokasi serta  Teknisi Ruang siap melayani anak-anak dalam pelaksanaan ujian setiap Sabtu dan Minggu, pagi dan siang, " imbuhnya.


Rahmadhani, Koodinator TIK ISI Padangpanjang dalam paparannya menjelaskan  Sistem UTBK, pengenalan Dashboard dan instalasi Server.

Dijelaskan juga mengenai prosedur  pelaksanakan UTBK yang meliputi sistem operasi (ISO), jaringan, instalasi, aplikasi dan POB,dashboard, dan koneksi sekaligus melaksanakan ujicoba terhadap pelaksanaan UTBK.

Ketersedian SDM dalam pelaksanaan UTBK yang terdiri dari pengawas, admin dan teknisi lokal untuk melayani 20 sesi ujian juga telah dipersiapkan.

Wira Dharma Prasetia Tim UTBK mengatakan, seluruh peserta sebaiknya melakukan pengenalan terhadap semua menu dan feature aplikasi dashboard dan mengerti informasi yang dibutuhkan pada tahapan instalasi server ujian LTMPT.

Hal ini tentu dapat  memahami prosedurnya seperti koneksi ke ESX, Login ke Dashboard, install Server, konfigurasi server, download paket soal, buka segel, upload jawaban sampai menghapus konten , tuturnya.

Anggra Haristu , yang juga anggota Tim UTBK , menambahkan bahwa konfigurasi komputer untuk Ujian dan Pengawas membutuhkan hardware maupun software sehingga mampu melakukan instalasi aplikasi Safe Exam Browser (SEB) untuk kebutuhan UTBK.

" Dalam hal ini tentulah harus melalui prosedur Download file, konfigugasi PC Ujian dan pengawas, instalasi Aplikasi SEB untuk bisa dioperasikan dengan baik , " pungkasnya.(sjd)
×
Kaba Nan Baru Update