Notification

×

Iklan

Iklan

Kelompok Tani Sawah Rencong Kamang, Panen Bawang Merah 1 Ton

19 Februari 2019 | 15:55 WIB Last Updated 2019-02-19T08:55:28Z

Agam - Kelompok Tani Sawah Rencong, Nagari Durian Kamang Magek, Kabupaten Agam, panen Bawang Merah sekitar 1 ton dilahan 500 M. Kelompok Tani Sawah Rencong yang beranggota sebanyak 17 orang binaan UPTD Pertanian Kamang Magek, menuai hasil tanamnya kurang dari 3 bulan.

Pola tanam yang diterapkan secara bergilir ini membuat hasil panen yang bagus, tanah subur dan mengguntungkan petani. 

Menurut salah seorang Petani Bawang Merah, Neli mengatakan kepada pasbana.com Selasa, (19/02), "Kelompok Tani Sawah Rencong Nagari Durian ini mendapat bantuan dalam bentuk bibit, plastik, pupuk jenis NPK Mutiara dan Racun Ulat. Meskipun ada juga beberapa pupuk yang kita beli sendiri namun dengan adanya bantuan dari UPTD Pertanian Kamang Magek ini kami terbantu." 


Lanjut Neli, pengadaan pupuk tambahan dari petani diantaranya pupuk pembesar buah bawang, pupuk puskapus, pupuk SS dan berbagai macam pupuk penyubur tanaman. Panen kami kali ini bisa diperkirakan sekitar 1 Ton dalam waktu kurang dari 3 bulan di luas tanah sekitar 500 M.

Pola tanam kita selalu berganti-ganti, tidak melulu tanam bawang merah tapi kita juga tanam padi dilahan yang sama. Sehingga hasil tanah subur, hasil tanaman kita bagus akibatnya petani juga diuntungkan, ungkapnya. (Rizky)