Notification

×

Iklan

Iklan

Makan Susah Karena Sariawan ? Berikut 9 Obat Alami Untuk Atasi Sariawan

24 Maret 2019 | 20.40 WIB Last Updated 2019-03-24T13:43:14Z

Pasbana.com --- Sebagian besar dari kita pasti pernah merasakan kena sariawan di mulut. Sungguh menyiksa bagi penderitanya. Makan pun jadi tidak enak karena harus menahan pedih. Berikut adalah obat sariawan alami agar kita bisa menikmati makanan dengan enak.

1. Air Garam

Garam memiliki sifat antiseptik, membersihkan, dan menenangkan. Ini membuatnya menjadi obat rumahan umum untuk banyak masalah mulut.

Membilas mulut dengan air garam bisa membantu meredakan gejala sariawan.

Caranya:

Larutkan 1/2 sendok teh garam dalam 1 gelas air hangat. Kocok larutan di mulut kamu, kemudian keluarkan larutan garam.

2. Baking Soda

Bubuk pengembang kue ini bermanfaat juga untuk mengatasi sariawan. Larutkan baking soda dengan air hangat sehingga berbentuk seperti krim. Kemudian oleskan krim tersebut pada luka sariawan. Bisa juga larutkan baking soda menjadi obat kumur.

3. Yoghurt

Yoghurt probiotik mengandung bakteri baik yang dapat membantu mengobati sariawan,  Yoghurt juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan yang baik antara bakteri baik dan jahat di mulut.

Karena lembut, yoghurt juga merupakan makanan yang enak untuk dimakan kamu kesulitan menelan akibat sariawan. Makan yoghurt beberapa kali sehari pada awal-awal sariawan. Pilih yoghurt tanpa pemanis karena jamur penyebab sariawan tumbuh subur dengan gula. 

4. Gentian Violet

Gentian violet adalah pewarna sintetis, berwarna violet dengan sifat antijamur. Ini adalah pengobatan rumahan umum untuk sariawan. Kamu dapat membeli gentian violet di apotek atau toko-toko online. Pemakaiannya yakni oleskan gentian violet ke area yang sakit dengan kapas dua atau tiga kali sehari.

5. Jus Lemon

Jus lemon dianggap memiliki kemampuan antiseptik dan antijamur yang membantu melawan jamur yang menyebabkan sariawan. Pemakaiannya yakni tambahkan separuh lemon ke 1 cangkir air hangat atau dingin. Minum ramuannya atau gunakan sebagai obat kumur. Beberapa orang mengoleskan jus lemon langsung ke tempat terkena sariawan, tetapi keasaman lemon dapat menyebabkan rasa terbakar dan iritasi.

6. Temu Kunci

Bumbu dapur yang satu ini memiliki aroma yang wangi dan biasa dipakai sebagai penyedap untuk sayur bening bayam plus jagung. Cara pemakaiannya tempelkan temu kunci pada luka sariawan dan lakukan cara ini 2-3 kali sehari.

7. Madu

Madu dapat mengatasi sariawan. Cukup oleskan saja pada luka di mulut, ulangi sampai tiga kali sehari. Kamu bisa mengolesi dengan madu murni ataupun salep madu.

8. Bubuk Kopi
Bubuk kopi dapat mengatasi sariawan. Cara pemakaiannya yakni bubuhkan bubuk kopi yang kering di atas luka. Kemudian diamkan beberapa saat. Setelah itu bilas dengan air bersih.

9. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel juga merupakan obat sariawan. Cara pemakaiannya yakni tambahkan 1 sendok teh cuka sari apel mentah tanpa filter ke dalam 1 gelas air. Bilas ke seluruh mulut kamu setidaknya selama 15 detik lalu keluarkan campuran itu.

Selamat mencoba, semoga cepat sembuh!

Sumber : detikHealth

×
Kaba Nan Baru Update