Notification

×

Iklan

Iklan

Paripurna Istimewa Sukses Digelar, Anggota DPRD Limapuluh Kota 2019-2024 Resmi Dilantik

07 Agustus 2019 | 00.56 WIB Last Updated 2019-08-07T03:20:02Z
Anggota DPRD Limapuluh Kota



Limapuluh Kota - Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota masa jabatan 2019 - 2024 resmi dilantik Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Pati, Hery Cahyono, Selasa (6/8), melalui rapat paripurna pengucapan sumpah/janji anggota DPRD kabupaten Limapuluh Kota masa jabatan 2014-2019 dan penyerahan palu pimpinan dari pimpinan DPRD Kabupaten Limapuluh Kota masa jabatan 2014-2019 kepada pimpinan sementara DPRD kabupaten Limapuluh Kota, di ruang sidang DPRD kabupaten Limapuluh Kota.

Selain dihadiri anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota masa jabatan 2014-2019 dan anggota DPRD Limapuluh Kota masa jabatan 2019-2024, hadir pada paripurna istimewa tersebut, Bupati kabupaten Limapuluh Kota Irfendi Arbi, jajaran forum koordinasi pimpinan daerah kabupaten Limapuluh Kota, Sekretaris Daerah, para Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas Daerah, Sekretaris DPRD, Kepala Lembaga Teknis Daerah, Kepala Bagian, Camat Se-Kabupaten Limapuluh Kota. Turut hadir Kepala Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN dan BUMD Kabupaten Limapuluh Kota, Rektor Perguruan Tinggi, para Kepala Sekolah kabupaten Limapuluh Kota, Muspika, Walinagari Se-kabupaten Limapuluh Kota, anggota KPUD, Panwaslu, PPK kabupaten Limapuluh Kota. Dan Ketua Partai Politik, organisasi Kemasyarakatan,  dan tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.


Dihari yang berbahagia tersebut merupakan pelantikan terhadap 34 dari 35 anggota DPRD Limapuluh Kota yang berhasil terpilih di Pemilu 17 April lalu. 34 anggota dewan yang dilantik, satu diantaranya sedang menunaikan ibadah haji.

Satu anggota dewan terpilih yang tidak ikut dilantik tersebut, yakni Darlius dari PDI-P. Putra Kapur IX tersebut dilantik tersendiri usai menunaikan ibadah haji nantinya. Darlius merupakan anggota dewan terpilih untuk periode kedua dari daerah pemilihan Pangkalan-Kapur IX.

Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandara Rajo, SH, dalam sambutannya menyampaikan, para hadirin yang kami muliakan, sebagaimana diketahui bahwa pada hari ini, anggota DPRD masa jabatan 2014-2019 akan mengakhiri masa jabatannya. Selama masa pengabdiannya, DPRD telah berusaha melaksanakan tugas dan kewajibannya seoptimal mungkin untuk menampung aspirasi masyarakat.



Sejak pelaksanaan otonomi daerah, banyak perubahan dan perkembangan yang terajdi pada lembaga pemerintah baik di pusat maupun di daerah. Dengan berorientasi pada tata pemerintahan yang baik (Good Goverment), maka kita semua berusaha berbuat secara profesional dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Demikian pula dalam hal politik, ekonomi dan hukum juga merupakan sektor yang paling banyak mengalami perubahankarena berbagai tuntutan oleh masyarakat.

 Namun disisi lain, adanya arus globalisasi dan demokratisasi, disadari atau tidak, akan memudahkan berbagai pengaruh budaya asing masuk ke dalam kehidupan masyarakat kita.Inilah yang harus kita antisipasi, yaitu dengan memegang teguh nilai moral dan etika sebagai bangsa Indonesia serta membenteng diri dengan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Para hadirin htamu undangan yang kami hormati, sejak masa jabatan dari tahun 2014, kami telah melaksanakan berbagai agenda kegiatan Legislatif, yaitu rapat-rapat baik internal DPRD maupun denganSKPD, dialog komunikatif dengan kelompok masyarakat atau unsur masyarakat, kunjungan kerja serta kegiatan reses untuk menampung aspirasi masyarakat.



Dari hasil kegiatam DPRD masa jabatan 2014-2019, dalam menjalankan tugas dan kewenangan telah menghasilkan produk-produk keputusan DPRD . Demikian pula telah melakukan fungsinya sebagai penampung aspirasi, dengan menerima kunjungan dan penyampaian aspirasi dari masyarakat.

Anggota dewan dan hadirin sekalian, untuk menindaklanjuti surat keputusan Gubernur Sumatera Barat nomor 000171-569- 2019 tanggal 29 JULI 2019, maka agenda rapat paripurna hari ini adalah pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota masa jabatan 2019-2024.

Berikut, nama-nama anggota DPRD Limapuluh Kota masa jabatan 2019-2024, Dapil I Beni Murdani (PKS) 2516 suara, Ermizal (PPP) 1816 suara, Irwin Idrus (Gerindra) 1781 suara, Afri Yunaldi (Golkar) 1716 suara, Akmal Rustam (PDIP) 1255 suara, Alfian (Demokrat) 1204 suara, Marsanova Andesra (PAN) 949 suara dan Zuhatri (Hanura) 938 suara.


Dapil II  Gusti Randa (Hanura) 3064 suara, Syamsul Mikar (Golkar) 2341 suara, Darlius (PDIP) 2281 suara, Irmantedi (Gerindra) 2019 suara dan Syamsuwirman (Demokrat) 1562 suara.

Untuk Dapil III, Sastri Andiko (Demokrat) 1970 suara, Epi Suhardi (Hanura) 1861 suara, Virmadona (Gerindra) 1833 suara, Wirman Dt Pangeran (PPP) 1827 suara, Asrul (PKB) 1815 suara, Mulyadi (PAN) 974 suara, Zukron (PKS) 865 suara dan Riko Febrianto (Golkar) 789 suara.

Dapil IV, Deni Asra (Gerindra) 3504 suara, Yos Sariadi (PKS) 2413 suara, Akrimal Adam (PAN) 1783 suara, Marshal (Demokrat) 1623 suara, Hemmy Setiawan (PKB) 1619 suara, Alia Effendi (Nasdem) 1519 suara, Afdal (Gerindra) 1213 suara, Arsi Medes (Hanura) 998 suara dan Putra Satria Veri (Golkar) 972 suara.



 Dapil V, Khairul Apit (Gerindra) 3603 suara sekaligus peraih suara terbanyak. Kemudian, Bisron Hadi (PKS) 2781 suara, Wendi Chandra (Gerindra) 2425 suara, Doni Iklas (Golkar) 1386 suara dan Ridhawati (PPP) 1290 suara.

Dikatakan Safaruddin, baru saja telah kita ikuti pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota masa jabatan 2014-2019 dan penyerahan palu pimpinan dari pimpinan DPRD Kabupaten Limapuluh Kota masa jabatan 2014-2019 kepada pimpinan sementara DPRD kabupaten Limapuluh Kota.

“Sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada, bahwa sebelum Pimpinan DPRD terbentuk secara definitif, maka DPRD dipimpin oleh pimpinan sementara DPRD yang terdiri atas seorang ketua dan seorang wakil ketua yang berasal dari dua partai  politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama dan kedua, maka kami untuk sementara diberikan mandat memimpin DPRD,” sebut Safaruddin.



Safaruddin Dt. Bandara Rajo, mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga kabupaten Limapuluh Kota yang telah berpartisipasi dalam Pemilu 2019, sehingga berlangsung sesuai dengan harapan kita semua.

“Rasa terima kasih juga kami sampaikan kepada saudara anggota Legislatif masa jabatan 2014-2019 atas segala upaya dalam rangka menyerap dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat  serta melaksanakan tugas-tugas Legislatif lain, yang tentunya tidaklah ringan. Rasa terima kasih juga kita ucapkan kepada seluruh anggota KPU dan jajaran penyelenggara Pemilu sampai KPPS yang telah melaksanakan tahapan Pemilihan Umum dengan baik walaupun tidak dapat dipungkiri masih terdapat kekurangan,” ujarnya.

Ditambahkan, terima kasih kepada jajaran Panwaslu, baik ditingkat Kecamatan maupun Kabupaten yang telah berupaya mengawasi agar Pemilu berjalan sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan. Juga terima kasih kepada Bupati, jajaran Eksekutif serta aparat keamanan yang telah menciptakan suasana yang kondusif sehingga Pemilu dapat terlaksana dengan baik, aman, jujur dan adil.


“Rapat paripurna Dewan dan hadirin sekalian, sebelum paripurna ini ditutup, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati beserta jajaran FKPD dan Eksekutif, anggota DPRD masa jabatan 2014-2019 serta hadirin dan tamu undangan yang telah mengikuti rangkaian rapat paripurna ini dari awal hingga akhir,” pungkas Safaruddin.

Mewakili Gubernur Sumatera Barat, Irfendi Arbi menyampaikan sambutan Gubernur, "Saudara siap berjanji, akan bekerja siang dan malam demi kesejahteraan rakyat di Kabupaten Limapuluh Kota, Pemerintah Daerah berperan dalam membangkitkan partisipasi masyarakat dan membentuk demokrasi lokal."

Irfendi Arbi juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras pengabdian anggota DPRD masa jabatan 2014-2019, dan selamat bekerja bagi anggota DPRD periode 2019-2024, bekerja lah dengan sebaik-baiknya, ciptakan inovasi untuk pembangunan daerah, dan mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan. (BD)




×
Kaba Nan Baru Update