Notification

×

Iklan

Iklan

Puncak Tabuik Pariaman 2019 Sukses Besar, Irjen Pol Fakhrizal: Jaga Warisan Budaya Pariaman

16 September 2019 | 13.17 WIB Last Updated 2022-01-11T08:59:31Z


Pariaman,Pasbana -Festival  Tabuik merupakan permainan yang berkembang di daerah pesisir khususnya Pariaman, yang di selenggarakan setiap tahunnya dan telah berlangsung sejak puluhan tahun lalu,
kali ini Irjen Fakhrizal Kapolda Sumbar Bergelar Kapolda Ninik Mamak itu pun berbaur dengan masyarakat  Penikmat hoyak tabuik di kota Pariaman . Minggu (15/9).

Sebelumnya, Perayaan tabuik di Pariaman ini sudah berlangsung ratusan tahun yang lalu, dan dilakukan di setiap tahunnya tepat pada 1- 10 Muharram dalam penanggalan Islam, bahkan sampai sekarang masih dilestarikan budayanya di Pariaman.


Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal “Sekali datang langsung terkesima, begitu ramainya masyarakat menyaksikan pergelaran budaya kolosal ini, pertama kali Hadir  langsung terkesima,” ujar Fakhrizal kepada wartawan di tengah gelaran hoyak tabuik.

Bahkan Jenderal Bintang Dua Putera Tilatang Kamang ini mengakui kalau Tabuik Piaman adalah budaya jangan disetir ke arah lain.


“Ini hanya budaya yang menjadi tradisi di pariaman, dan mampu menarik kunjungan wisatawan ke pergelaran ini,”ujar Penyantun Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumbar ini.

Setiap tahunnya puncak acara Tabuik selalu disaksikan puluhan ribu pengunjung yang datang di berbagai pelosok sumatera barat, Pantai Gandoriah  yang menjadi titik perhatian seakan akan menjadi lautan manusia,

Irjen Pol Fakrizal juga memastikan jajarannya all- out    mengamankan Festival tabuik ini, " Harus dan itu Sudah tugas Polri," ujar Fakhrizal.(Nal)
×
Kaba Nan Baru Update