Notification

×

Iklan

Iklan

Dinas Dukcapil Kabupten Pasaman Prioritaskan Pelayanan "Kato Mama"

25 Oktober 2019 | 03.22 WIB Last Updated 2019-10-24T20:22:28Z


Pasaman - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pasaman saat ini sedang fokus menjalankan program pelayanan kami tibo ka rumah-rumah (Kato Mama) selama bulan Oktober dan November tahun 2019 ini. Kamis (24/10).

Sukardi, S.Pd.MM Kepala Dinas Dukcapil Pasaman mengatakan, program kato mama ini bertujuan untuk memvalidasi data kependudukan masyarakat Pasaman.

"Program kato mama ini dilaksanakan dengan cara mengunjungi warga masyarakat dengan cara menjumpai secara langsung ke rumah - rumah warga", sebutnya.

Secara teknis, Disdukcapil membagi 3 tim per hari untuk terjun langsung ke masyarakat nagari yang ada di Kabupaten Pasaman. Tim tersebut akan mengujungi seluruh Kantor Wali Nagari serta meminta keterangan tentang kependudukan kepada Wali Nagari, Kepala Jorong, dan tokoh masyarakat setempat tentang dokumen kependudukan warganya, sebut Sukardi.

Kemudian tim tersebut akan memvalidasi data kependudukan sesuai data yang telah diperoleh. Apabila ada data yang tidak sesuai, baik itu bertambah atau berkurangnya angota keluarga, maka Disdukcapil akan melakukan perbaikan data, sebutnya.

Selanjutnya dengan data yang sudah divalidasi tersebut maka, petugas akan mengunjungi rumah warga untuk mencek Apakah sudah memiliki dokumen kependudukan seperti KK, KTP, dan Akta Kelahiran atau kematian. Apa bila belum maka petugas akan mepasilitasi warga tersebut secara garatis untuk mendapatkan dokumen, sebutnya.

Sukardi mengajak kepada seluruh masyarakat, untuk memastikan seluruh anggota keluarga sudah melakukan perekaman KTP-el. Karena Dokumen Kependudukan itu penting harapnya.

Selain program kato mama Dinas Dukcapil juga memmiliki program Bayi Lahir Dapat Akta (BALADA). Program ini sudah menjalin kerjasama dengan RSUD Lubuk Sikaping, 13 Agustus 2019 kemaren.

Program KATO LALA (Kami Tibo ka Sekolah-Sekolah) pada bulan Agustus 2019. Dengan tujuan mengajak para siswa memiliki kta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) juga sudah berjalan dengan cara mengunjungi Sekolah SLTP/SMA  yang ada di Pasaman.

Selain itu Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil Pasaman juga telah menjalin kerjasama dengan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pasaman 12 Juni 2019 dengan nama program Pelayanan Administrasi SIAK SIMKAH Terintegrasi (PASTI).

Dan masih banyak program program kependukan yang tehah di lakukan. Alhasil dengan suksesnya program yang dijalankan membawa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman mendapat penghargaan dari Gubernur Sumatera Barat dengan kategori Dinas Dukcapil Mapan 17 Agustus 2019 kemaren. (Gani)
×
Kaba Nan Baru Update