Notification

×

Iklan

Iklan

Wako Fadly Amran: Mari Semarakkan Open Race Pacu Kudo dan Alek Anak Nagari di Galanggang Bancah Laweh

25 Oktober 2019 | 00.45 WIB Last Updated 2019-10-24T17:47:32Z

Padang Panjang, Pasbana -- " Kami berharap masyarakat bisa hadir dan meramaikan acara Open Race Pacu Kuda dan Alek Anak Nagari di Gelanggang Pacu Kudo Bancah Laweh pada tanggal 27-28 Oktober 2019, " harap Walikota Fadly Amran disampaikan saat konferensi pers, Kamis (24/10) di Aula DPKD Kota Padang Panjang.

Setelah 4 tahun lamanya, acara Open Race Pacu Kuda dan Alek Anak Nagari ini tidak dilaksanakan, kali ini Pemko Padang Panjang bersama seluruh elemen masyarakat melaksanakan kembali acara yang telah ditunggu-tunggu oleh pecinta olahraga Pacu Kudo.

Dalam penyampaiannya, Wako Fadly Amran acara Open Race Pacu Kuda dan Alek Anak Nagari dapat memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan perekonomian masyarakat dan pelestarian budaya, kesenian dan tradisional yang ada di Kota Padang Panjang.

"Melalui Iven ini, selain menjadi ajang silaturahmi para penggemar pacu kuda, diharapkan juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, untuk itu mari kita meriahkan Open Race Pacu Kuda dan Alek Anak Nagari ini," ajak Walikota Fadly.   
Untuk menciptakan suasana aman dan nyaman bagi peserta dan masyarakat pengunjung, pihak pemko dan penyelenggara akan bekerjasama dengan pihak TNI - Polri.

Dikatakan Fadly yang juga Ketua Pengcab PORDASI Padang Panjang ini menyebutkan, Open Race Pacu Kuda bukan sekedar pacu kuda semata, namun Alek Nagari yang diawali dengan tradisi Mamancang Galanggang yang melibatkan unsur Ninik Mamak Kenagarian.

Sementara Pengurus PORDASI H.Erwan Yunus  dan Arivandi,  menyebutkan, open race diikuti sebanyak 60 ekor kuda dari 11 daerah 3 daerah diantaranya dari luar provinsi Sumatera Barat ikut ambil bagian, yaitu Jatim,  Aceh dan Sumut telah mendaftarkan kuda-kuda terbaiknya. 

Hingga saat ini persiapan penyelenggaraan telah mencapai 90 persen, mulai dari kandang kuda hingga track pacuan, namun  kami tetap terus berkordinasi dengan semua pihak agar persiapan betul-betul matang," ujar H.Erwan Yunus.

Pihak penyelenggara menyiapkan total hadiah sebesar 242 juta rupiah bagi pemenang disetiap kelas, kecuali Kelas Sagalo diikuti kuda lokal hadiahnya 2 juta dan pemilik kuda tidak dibebankan biaya atau gratis. (Ril/bd)

×
Kaba Nan Baru Update