Notification

×

Iklan

Iklan

Komunitas Seni KUFLET Adakan Workshop Musik Digital

15 Desember 2019 | 16.25 WIB Last Updated 2019-12-15T09:25:52Z


Padang Panjang-Pasbana --  Komunitas Seni Kuflet setiap hari Minggu sejak (15/12)  mengadakan workshop musik digital dengan narasumber Dr. Dharmita Soeryana M, Sn.  

Dharmita Soeryana mengatakan "Musik digital mempermudah manusia untuk kerja. Musik ada tiga, musik analog, digital dan akuistik. Jadi sistem kerja akuistik tidak menggunakan elektronik. Sedangkan analog menggunakan elektronik, sementara digital menggunakan sistem mulimedia," papar Doktor Pengkajian Teater, Dosen Seni Teater ISI Padangpanjang.

Dharminta menammbahkan, "Musik digital memiliki kelebihan dalam memudahkan kerja, yakni edisien dengan waktu, dana dan sumber daya manusia karena semuanya dikerjakan melalui komputerisasi. Namun mempunyai kelemahannya karena sistem komputerisasi musik yang telah dibuat emosianalnya tidak dapat berubah sementara aktor mungkin setiap saat berubah emosionalnya. Selanjutnya juga tergantung dengan listriak, jika listrik mati tentu tidak dapat berproses," papar Sutradara teater ini.

Sulaiman Juned Pendiri Kuflet mengatakan "Kegiatan ini dilaksanakan setiap minggu, pesertanya tidak hanya anggota Kuflet, tetapi ada juga dari mahasiswa Teater, Musik, Kriya, dan DKV ISI Padangpanjang. Ada juga dari mahasiswa FKIP Muhammadiyah UMSB Padangpanjang. Ini tentu agar seluruh anggota Kuflet dapat membuat musik teater. Jika ada penggarapan teater tidak perlu meminta orang diluar Kuflet menjadi Penata Musik," tuturnya. 

Variza Oktavia, salah seorang peserta mengatakan "Belajar musik sangatlah menyenangkan. Pemateri setelah memberikan ilmu secara teoritik langsung mengajarkan praktik bagaimana tekhnis membuat musik teater. Cara pemateri mentrasfer ilmunya sangat mudah kami pahami sehingga secara langsung dapat kami praktikkan," ucapnya. (Wildan)
×
Kaba Nan Baru Update