Notification

×

Iklan

Iklan

UKW Angkatan Ke-14 PWI Sumbar Berjalan Sukses, Seluruh Peserta Dinyatakan Lulus dan Kompeten

26 Januari 2020 | 15.32 WIB Last Updated 2020-01-26T08:58:53Z
Peserta UKW Angkatan Ke-14 PWI Sumbar berfoto bersama dengan Gubernur Sumbar, Para Penguji, dan Panitia Pelaksana ( foto: Nal)

Padang, Pasbana.com- Untuk meningkatkan profesionalitas  para jurnalis Sumbar ,Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat adakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke -14 tahun 2020.

UKW ini dilaksanakan PWI Sumbar bekerjasama dengan Pemprov Sumbar, berlangsung dari Sabtu-Minggu (25-26) di Aula Kantor Gubernur setempat.

Peserta UKW diikuti oleh 24 peserta  yang berasal dari berbagai media, baik cetak, televisi maupun media online dengan menghadirkan empat tim penguji Prof. Dr. Rajab Ritonga, M.Si, Muhammad Iqbal Irsyad, Djunaedi Tjunti Agus, Dra. Fitri Adona, M.Si. dari 24 peserta hanya 23 peserta yang hadir semua peserta UKW dinyatakan lulus 100 persen.

Direktur UKW, Prof. Dr. Rajab Ritonga, M.Si yang juga hadir  sebagai  tim penguji UKW, memuji peserta yang punya kemampuan untuk menjadi jurnalis yang profesional. "Semua peserta berkompeten," ungkap Rajab.

Rajab mengatakan, baru kali ini peserta UKW yang lulus 100 persen di Indonesia. "Sampai saat ini di seluruh Indonesia baru sekitar 15 persen yang telah berkompeten," ujarnya.

Gubernur Sumbar Prof.Dr. H. Irwan Prayitno,S.Psi,M.Sc saat menghadiri serta penutupan UKW Angkatan Ke-14

Gubernur Sumbar Prof.Dr. H. Irwan Prayitno,S.Psi,M.Sc yang menghadiri acara  penutupan UKW, Minggu (26/1), mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah kompeten. Wartawan yang telah bersertifikat otomatis mereka di lapangan akan berbeda dengan wartawan lainnya.

Menurut Irwan Prayitno, seiring dengan perkembangan zaman, wartawan dituntut agar kompeten di bidangnya. Wartawan yang telah kompeten diharapkan akan jadi pembeda dari jurnalis lainnya. 

"Saya bisa menilai wartawan yang telah berkompeten itu saat bertanya. Wartawan itu tahu dulu baru bertanya," ungkapnya.

Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus menyebutkan wartawan yang ingin bergabung dengan organisasi PWI wajib lulus UKW. Hal itu dimaksudkan agar lebih profesional melaksanakan tugas di lapangan.

"Kalau ingin bergabung dengan PWI Sumbar wajib lulus UKW. Mereka yang telah lulus hari ini dam memegang kartu UKW, sudah bisa diurus kartu keanggotaan PWI-nya," ujar Heranof.

Menurutnya, UKW bisa menjadikan wartawan profesional melalui tulisan yang dihasilkan."

Heranof juga meyampaikan  PWI Sumbar telah melaksanakan UKW yang ke-14 kali. Hal itu tidak lepas untuk  menciptakan wartawan yang profesional. "Sampai saat ini masih ada ribuan wartawan yang belum UKW," ungkapnya.

Ke depan para jurnlis bisa melaksanakan tugas sebaik-baiknya di lapangan dengan melaksanakan tugas sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Prof. Dr. Rajab Ritonga, M.Si , Direktur UKW bersama salah seorang peserta UKW Husnal Petra

Ketua Panitia UKW, Sawir Pribadi mengatakan UKW tersebut terselenggara berkat kerjasama PWI Sumbar dengan Pemprov Sumbar. dia berharap ke depan PWI akan melaksanakan UKW tersebut dengan jumlah yang lebih banyak lagi.
Semua telah berlangsung dengan lancar dan tidak ada gangguan. Sawir mengucapkan terima kepada Bank Nagari, Pemprov dan semua yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan ini.

 "Mudah-mudahan ini bisa jadi amal bagi kita semua," tutup Sawir,"(Nal).
×
Kaba Nan Baru Update