Notification

×

Iklan

Iklan

Embung Tanah Kareh Selesai Dibangun, Mampu Mengaliri Air 200 Hektare Sawah

07 Februari 2020 | 08.24 WIB Last Updated 2020-02-07T01:27:13Z

Pesisir Selatan, Pasbana - Ungkapan rasa gembira nampak pada masyarakat Kampung Kalumpang, Koto Baru dan Tanah Kareh dengan telah selesainya pembangunan embung senilai Rp2,5 miliar di Tanah Kareh Nagari Koto Nan Tigo, Kecamatan Batang Kapas, Pesisir Selatan (Pessel).

Camat Batang Kapas, Wendra Rovikto mengatakan bahwa Embung Tanah Kareh akan mengairi sawah masyarakat seluas 200 Hektare, dan selanjutnya, akan segera dibangun jaringan irigasi yang akan mengalirkan air ke sawah-sawah, pada Kamis (6/2/2020).

Kegembiraan tersebut, kata camat, bukan tanpa alasan, sebab selama ini lahan pertanian mereka tadah hujan, tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal.


Sebagaimana disampaikan salah seorang petani setempat, Aliman, sebelumnnya mereka hanya bisa turun ke sawah pada musim hujan, karena tidak ada irigasi.

“Alhamdulillah dengan adanya embung Tanah Kareh ini sawah kami bisa dialiri air,” kata Aliman.

Sementara itu, Kepala PSDA melalui Kepala Bidang Bina Teknik dan Konservasi, Niko Demos El Tias mengatakan, pembangunan embung Tanah Kareh menghabiskan anggaran sebesar Rp2,5 miliar yang berasal dari APBN tahun 2019.

Dikatakan, untuk lebih memaksimalkan fungsi embung tersebut, tahun ini akan dilanjutkan dengan pembangunan jaringan irigasi dengan memanfaatkan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp300 juta.

“Diharapkan pembangunan jaringan irigasi dapat meningkatkan fungsi embung tersebut, ” katanya.(pb01/ril)
×
Kaba Nan Baru Update