Notification

×

Iklan

Iklan

Harga Bawang Putih Melonjak di Sawahlunto, Ini Langkah Pemerintah Kota

17 Februari 2020 | 19.09 WIB Last Updated 2020-02-17T12:09:23Z



Sawahlunto -- Menyikapi melambungnya harga bawang putih, Pemko Sawahlunto akan menggelar operasi pasar dengan memasok 1 ton bawang putih  dengan harga jual Rp 32 ribu/kg. Operasi pasar ini akan digelar pada rabu 19 Februari 2020 di halaman Gedung Pusat Kebudayaan (GPK) Kota Sawahlunto.

Andy Rastika, MM Kabid Ketahanan Pangan Kota Sawahlunto mengungkapkan operasi pasar ini  ditujukan untuk menstabilkan harga bawang putih di pasaran yang akhir-akhir ini melonjak hingga menembus harga 60 ribu perkg.

Kenaikan harga bawang putih ini berimbas terhadap Inflasi di Sumatera Barat. "Di Januari saja, inflasi di Sumbar telah mencapai 0,6%. Karena itu Pemko Sawahlunto segera mengambil tindakan, salah satunya dengan bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan  Provinsi dalam menyediakan stok 1 ton bawang putih" ujar Andy Rastika menjelaskan.

Tindakan ini sesuai dengan prosedur, dimana ketika  terjadi lonjakan harga barang mencapai 25 % atau lebih, maka Pemerintah harus segera melakukan  operasi pasar, untuk menstabilkan harga.(RMN)
×
Kaba Nan Baru Update