Notification

×

Iklan

Iklan

Melawan Virus Corona Dengan Pola Hidup Sehat

12 Maret 2020 | 20.54 WIB Last Updated 2020-03-12T13:54:26Z
Yudabbirul Arif
Dosen PJKR Undana

Pasbana.com -- Bagaimana cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk menghindari virus korona?Itulah menjadi pertanyaan yang hari-hari ini yang membutuhkan jawaban yang tepat. 

Virus Corona yang gejalanya hampir mirip dengan SARS bahkan sangat mirip juga dengan sakit flu biasa. Virus ini merupakan jenis virus yang bisa dikatakan baru maka vaksinnya sampai saat ini masih diteliti dan belum temukan. 

Penularannya yang mudah dan tingkat resiko yang sangat tinggi sehingga kita perlu waspada. Untuk penularannya bisa terjadi dari beberapa sebab seperti dari lendir, batuk, dahak, sentuhan tangan dan sebagainya. Sehingga banyak upaya pencegahan yang harus anda lakukan seperti berolahraga demi menjaga daya tahan tubuh, memakai masker dan sering mencuci tangan, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pola hidup sehat. 

Jika kebugaran tubuh tidak terjaga maka akan sangat mudah terserang virus. Kelompok umur yang tidak memiliki kekebalan tubuh yang tinggi diharapkan agar lebih bisa menjaganya seperti anak-anak, orang tua, dan orang yang tidak menjalankan pola hidup sehat. 

Tak ada strategi mudah untuk menghindari virus ini sepenuhnya. Namun, beberapa langkah dapat dilakukan untuk memimalisasi persentase terjangkit virus ini seperti menjaga kekebalan tubuh, dan menekan risikonya.

Mikroba di dalam tubuh kita tidak hanya membantu kita mencerna makanan, mereka juga memprogram sistem kekebalan tubuh kita dan menangkal kuman, bakteri dan virus. Memakan-makanan yang lebih bervariasi dengan banyak makanan berserat tinggi akan lebih baik untuk tubuh. Memakan banyak sayuran bukanlah menjadi hal yang utama untuk kesehatan mikrobiome, tetapi semakin banyak makanan nabati yang Anda konsumsi, maka akan semakin baik. 

Ini akan lebih efektif untuk mengubah pola makan Anda, menjadi makanan yang seimbang sehingga akan berdampak kepada imunitas tubuh.

Secara pribadi, sistem kekebalan tubuh tidak selalu baik. Tapi gaya hidup sehat akan memastikan pertahanan kekebalan tubuh terbaik yang akan anda dapatkan. Agar bugar secara imunologis, Anda harus bugar secara fisik. Anda harus melakukan olahraga sehingga meningkatkan peredaran darah, sehingga mempertahankan sifat kimia dan fisiologis cairan pada tubuh.

Pertama, fungsi dari lancarnya perederan darah membawa oksigen dari paru-paru ke sel dan karbon dioksida dalam arah yang berlawanan. 

Kedua, darah membawa nutrisi dan protein dari saluran pencernaan pada jaringan tubuh sesuai dengan kebutuhan mereka, diproses atau disimpan. Metabolit yang dihasilkan kemudian diangkut ke organ tubuh. Kemudian darah mendistribusikan ke sel-sel untuk kekebalan tubuh. 

Jadi penting untuk menjaga kebugaran tubuh dengan cara berolahraga, orang dewasa harus bergerak aktif setiap harinya, minimal perminggunya dengan melakukan  setidaknya 150 menit aktivitas aerobik (jalan santai, lari santai, renang, bersepeda dan lainnya. 

Untuk orang lanjut usia antara usia 55 keatas lebih rentan terhadap penyakit, untuk itu pentingnya olahraga ringan dan menerapkan pola hidup sebagai fungsi untuk menjaga kebugaran dan sistem kekebalan tubuh. 

Salah satu dari banyak fungsi olahraga adalah olahraga dapat mengurangi stres, jika stres berkurang maka akan meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Berolahraga dengan teratur dan makan dengan teratur maka akan memiliki kemungkinan efek membantu Anda untuk medapatkan kualitas tidur lebih baik, sehingga akan berpengaruh baik untuk mendapatkan kebugaran tubuh yang optimal, karena jika seseorang kekurangan tidur akan menggangu sistem tubuh sehingga kemampuan tubuh melawan bakteri, virus akan melemah sehingga kita akan lebih rentan untuk mendapatkan penyakit. Jika anda sehat, bugar, dan memiliki kekebalan tubuh yang bagus maka sistem imun terhadap penyakit akan bagus.

Kemungkinan terburuknya jika anda sakit dan kena virus, “Anda akan sakit sebentar dan Anda  akan pulih dengan waktu cepat” jika memiliki kekebalan tubuh dan menerapkan pola hidup sehat.  


×
Kaba Nan Baru Update