Notification

×

Iklan

Iklan

H. Atos Pratama, Berpartisipasi dalam Rangka Donor Darah di Mako Kodim 0305/Pasaman

03 April 2020 | 15.58 WIB Last Updated 2020-04-03T08:58:54Z



Pasaman -- Upaya antisipasi Kekhawatiran masyarakat kebutuhan ketersediaanakan darah terhadap dampak meluasnya penyebaran virus Corona (Covid 19) Kodim 0305 Kab. Pasaman menggelar kegiatan donor darah kepentingan untuk sesama manusia, Jumat (03/04/2020).

Menurut Dandim 0305/Pasaman pada kondisi dan situasi saat ini cukup mengkhawatirkan terkait penyebaran virus Corona (Covid 19), tetapi ketersediaan darah bagi membutuhkan juga sangat penting.

“Kita ketahui bersama bahwa untuk menekan penyebaran Covid 19, salah satunya dengan physical distancing (menjaga jarak minimal 1 meter), tetapi pasien yang memiliki penyakit lain dan membutuhkan darah, juga harus mendapatkan prioritas,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, menghadapi situasi saat ini akibat Covid 19, pelaksanaan donor darah diatur sedemikian rupa sehingga faktor keamanan dalam pencegahan meluasnya penyebaran Covid 19 juga dapat dilakukan.

Menurutnya tujuan kegiatan donor darah ini untuk membantu PMI dalam penyediaan cadangan darah yang mana nantinya akan disimpan di bank darah.

“Saat ini stok yang ada sangat terbatas, disebabkan penerapan physical distancing pandemi virus Corona (Covid-19). Kami menerapkan sistem pendonoran tidak satu hari selesai. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan peserta donor, ” imbuhnya.

Ditambahkannya, antusiasme personel Kodim 0305/Pasaman cukup tinggi untuk mendonorkan darahnya, sehingga harus diatur sedemikian rupa untuk keamanan.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Pasaman, Atos Pratama mengungkapkan, jajaran Kodim 0305/Pasaman telah berperan dalam mendukung penyediaan kebutuhan darah di Kabupaten Pasaman.

“Jika ada masyarakat yang memerlukan darah secara mendadak, anggota Kodim 0305/Pasaman selalu berusaha untuk membantu kesulitan masyarakat tersebut, dengan menjadi pendonor,” ungkap Atos Pratama.

Atos Pratama selaku Ketua PMI mengajak forkopimda kabupaten Pasaman menggiatkan kegiatan donor darah ini.

“Setidaknya sekali 1 bulan bergantian sebagai tuan rumah, dalam kegiatan donor darah ini,” ajaknya.

Sementara itu, Direktur RSUD Lubuksikaping, dr. Yong Marzuhaili menyambut baik program donor darah yang dilakukan Kodim 0305/Pasaman guna membantu ketersediaan darah di RSUD Lubuksikaping.

dr. Yong Marzuhaili mengatakan saat ini, di RSUD Lubuksikaping sudah tersedia alat Bank Darah yang siap menampung darah pendonor selama 24 jam.

“Semoga kedepan akan tertata kelola dengan baik Bank Darah ini dengan semangat kebersamaan kita semua. Kemudian juga memberdayakan para relawan PMI untuk meningkatkan angka partisi pendonor setiap saat,” tutupnya.(IB)
×
Kaba Nan Baru Update