Notification

×

Iklan

Iklan

H. Gusmal Minta Pihak Terkait Pengelola PBB untuk Laksanakan Tugas Sebaik-baiknya, Guna Memacu PAD

21 Juli 2020 | 23.13 WIB Last Updated 2020-08-10T16:14:19Z

Solok -- Pemerintah Kabupaten Solok melakukan kegiatan pergelaran setoran perdana Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) P2 tahun 2020, yang bertemakan ‘Dengan Pajak, Bersama Kita Membangun Daerah’, pada hari Selasa, 21 Juli 2020 di ruangan Solok Nan Indah Kantor Bupati Solok.

Gelaran acara tersebut, langsung dihadiri oleh Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM dan Sekda H. Aswirman, SE, MM serta Ketua TP PKK Kab. Solok Hj. Ny. Desnadefi Gusmal, SH, kemudian dihadiri juga oleh Kepala SKPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Solok dan Pimpinan Cabang Bank Nagari Solok.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Editiawarman melaporkan kepada seluruh peserta acara bahwa latar belakang dalam pelaksanaan kegiatan pergelaran setoran perdana PBB P2 tahun 2020 ini, adalah untuk menggalang nagari-nagari secara serentak dan masal dalam mengintensifkan pemungutan PBB P2 pada tahun 2020 ini.

“Kemudian untuk memacu pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Solok, khususnya di sektro PBB P2 dan menjadikan pergelaran setoran perdana PBB P2 sebagai momentum untuk merangsang nagari dan kecamatan yang ada didaerah, agar berlomba-lomba dalam pencapaian realisasi PBB sesuai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” tambahnya.

Kemudian, Editiawarman juga mengatakan bahwa nagari-nagari yang punya target relatif kecil dalam pelunasan PBB pada saat perdana, untuk itu, diharapkan kepada nagari-nagari, agar lebih banyak lagi nagari yang lunas PBB P2 pada waktu yang lebih awal.

Selanjutnya, Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM menyampaikan bahwa Pada tahun 2020 target PBB P2 Kabupaten Solok adalah sebesar Rp 2.460.988.591 sampai dengan tanggal 21 Juli 2020, yang baru terealisasi sampai saat ini sebesar Rp 509.318.456, atau hanya 20.70%.

Untuk sampai hari ini baru terdapat 12 nagari yang telah lunas PBB P2 100% tahun 2020, maka dari itu, kami meminta kepada wali nagari beserta perangkatnya untuk mengoptimalisasi pemungutan PBB P2 langsung ke wajib pajak, karena kami yakin dan percaya bahwa pengelolaan PBB di masing-masing nagari dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Kemudian kami minta juga kepada wali nagari dan petugas pengelola PBB nagari serta dibantu petugas kecamatan dan kabupaten, agar merencanakan dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dalam memacu Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Solok.

Sebelumnya kami, pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah sadar akan kewajiban dengan membayar PBB, dan ucapan terimakasih juga kepada wali nagari dan petugas pengelola PBB P2 yang telah bekerja keras dalam pemungutan pajak kepada masyarakat, guna untuk kelancaran pembangunan daerah ke depannya.

Terakhir, Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM juga mengucapkan terimakasih banyak kepada Bank Nagari yang telah bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Solok hingga terlaksananya acara kita pada hari ini. (hr)
×
Kaba Nan Baru Update