Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Solok, Laksanakan Takbiran di Islamic Center Meriahkan Hari Raya Idul Adha 1441 H

30 Juli 2020 | 21.33 WIB Last Updated 2020-08-10T14:33:30Z


Solok -- Pemerintah daerah Kabupaten Solok melaksanakan takbiran di Islamic Center dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1441 H, pada Kamis malam, 30 Juli 2020, di dalam ruangan Islamic Center Koto Baru Solok.
Pelaksanaan takbiran dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Raya Idul Adha tersebut, dihadiri oleh Bupati Solok diwakili oleh Sekda (H. Aswirman, SE, MM) dan Asisten Koor Ekbangkesra (Medison) serta Kepala SKPD,
Kakan Kemenag / Ketua PHBI Kab. Solok (Drs. Alizar, M.Ag) dan Forkopimcam Kubung.

Sebelum acara takbiran dimulai, Ketua PHBI Kab. Solok (Drs. Alizar, M.Ag) dalam sambutannya mengatakan bahwa, kita dalam pelaksanaan shalat Idul Adha 1441 H besok paginya, tetap menerapkan protokol kesehatan karena daerah Kabupaten Solok masih dalam masa pandemi Covid-19 dan juga sesuai dengan petunjuk khusus dari Kementerian Agama RI.

Kemudian, Alizar juga menjelaskan bahwa tidak seluruh kabupaten/kota melaksanakan takbiran secara resmi seperti ini, bahkan untuk pelaksanaan shalat Idul Adha pun seperti itu juga, dikarenakan wabah Covid-19.

“Untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha 1441 H untuk tingkat Kabupaten Solok akan dilaksanakan di Islamic Center Koto Baru Solok dan kita juga melibatkan seluruh unsur terkait demi ketertiban dan kenyamanan pelaksanaan shalat Idul Adha 1441 H,” tambahnya.

“Pada saat pelaksanaan shalat Idul Adha berlangsung, kita akan menerapkan physical distancing dan saat shalat shaf akan dirapatkan dan pelaksanaan ibadah kurban akan dimulai pada hari Jumat, 31 hingga Senin, tanggal 03 Agustus 2020,” tuturnya.

Terakhir, Ketua PHBI Kab. Solok Drs. Alizar, M.Ag menyampaikan, demi mengurangi penumpukan jemaah shalat Hari Raya Idul Adha 1441 H di satu tempat, maka disarankan, agar masjid-masjid yang ada di Kab. Solok juga melakukan shalat Idul Adha bagi masyarakat sekitar.

Kemudian, Bupati Solok melalui Sekda H. Aswirman, SE, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk pelaksanaan shalat Idul Adha 1441 H ini, kita lakukan setelah adanya izin dari Kementerian Agama RI.

Dan, untuk pelaksanaan shalat Idul Adha tahun ini, kita perbanyak di masjid-masjid agar dapat mengontrol jumlah jemaah yang hadir, guna mempersempit ruang gerak penularan Covid-19 di daerah Kabupaten Solok,” tambahnya.

Maka dari itu, kita akan tetap utamakan protokol kesehatan dalam pelaksanaan shalat Idul Adha demi kemanan dan kenyamanan bersama, dengan cara tetap memakai masker, pengecekan suhu tubuh jemaah serta physical distancing saat khutbah berlangsung.

Terakhir, Bupati Solok H. Gusmal, melalui Sekda H. Aswirman mengajak seluruh masyarakat agar memasang niat yang baik dan penuh keikhlasan dalam berkurban serta tetap mematuhi protokol kesehatan dalam menjalani pola kehidupan baru yang saat ini. (Hrm)
×
Kaba Nan Baru Update