Notification

×

Iklan

Iklan

Ikuti dan Terapkan Program Dari Pemko, Widiarti Raih Juara III Petani Berprestasi Tingkat Sumbar Tahun 2020

11 Agustus 2020 | 19.21 WIB Last Updated 2020-08-12T12:21:13Z


Padang Panjang -- Mengikuti arahan dan penyuluhan yang disampaikan Pemerintah Kota Padang Panjang melalui program Dinas Pertanian dan Peternakan, Widiarti yang berprofesi sebagai petani mendapatkan penghargaan dan Juara III dalam ajang Petani Berprestasi Tingkat Sumatera Barat tahun 2020.

Widiarti merupakan warga RT 13 Kelurahan Koto Panjang Kecamatan Padang Panjang Timur berkesempatan menjadi salah satu perwakilan Padang Panjang dalam mengekspos kegiatan budidaya organik baik itu padi maupun sayuran pada bulan Maret lalu. Ia juga tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Lembuti II.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan melalui Kabid Perikanan dan Pelaksanaan Penyuluh Indra, S.Pi menyampaikan bahwa suatu kebanggaan lagi bagi Padang Panjang meraih Juara III Petani Berprestasi tingkat Sumbar.

"Pelakasanaanya dan penilaiannya telah dilakukan pada Maret lalu sebelum wabah Covid gencar di Sumbar khususnya Padang Panjang, dan Alhamdulillah kemarin kami mendapatkan surat bahwa Padang Panjang mendapat Juara III pada kategori Petani Berprestasi yang akan diserahkan pada 17 Agustus mendatang," jelasnya saat ditemui tim Kominfo, Selasa (11/8).

Di lokasi lain, Widiarti yang ditemui dikediamannya menyebutkan bahwa diberi kesempatan mewakili Padang Panjang membuatnya sangat antusias sekali, hal itu ia sampaikan melalui ekspos yang menyebutkan 11 item diantaranya budidaya sayuran organik ramah lingkungan, pembuatan kompos, budidaya tanaman hias, melaksanakan demplot swadaya padi jarwo, melaksanakan demplot bawang merah ramah lingkungan dan yang terfokus pada budidaya padi organik yang telah ia terapkan sejak 2012 hingga sekarang.

Ia menceritakan, selama menerapkan budidaya padi organik, ia mendapat penyuluhan dan masukan dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian serta ia juga telah dua kali mendapatkan sertifikat organik.

"Saya pribadi sangat bangga dan bahagia sekali dengan kesempatan yang diberikan, dan tentu berkat keseriusan dan kegigihan serta kiat-kiat yang disampaikan Pemko melalui penyuluh pertanian yang selalu memberikan bimbingan dan pendampingan," sebutnya, seperti dikutip dari laman Kominfo Padang Panjang. (put)
×
Kaba Nan Baru Update