Notification

×

Iklan

Iklan

Gempa Bumi Tektonik M=4.9 Terjadi di Kepulauan Mentawai Jum'at Dini Hari

20 November 2020 | 05.33 WIB Last Updated 2020-11-19T22:34:07Z



Mentawai -- Hari Jumat, 20 November 2020 pukul 01:10:56 WIB telah terjadi gempa tektonik di Kepulauan Mentawai, Sumbar. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=4.9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.45 LS dan 99.69 BT  atau tepatnya berlokasi di laut pada 68 Km Tenggara Pulau Siberut, Kep. Mentawai, Sumbar pada kedalaman 24 Km. 


Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Mentawai. 


Guncangan gempabumi ini dirasakan  di Pasaman, Tanah Datar, Agam II MMI ( *Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang* ), Padang III MMI (*Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu* ) . 

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi Tsunami. 


Hingga 20 November 2020, pukul 01:58 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock). 


Kepada masyarakat, pihak BMKG menghimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.


Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. (Rilis BMKG) 

    


×
Kaba Nan Baru Update