Notification

×

Iklan

Iklan

Ikatan Pelajar Muhammadiyah Padang Panjang Sukses Gelar Pelatihan Kader Dengan Protokol Kesehatan

29 November 2020 | 22.33 WIB Last Updated 2020-11-29T15:33:53Z



Padangpanjang -- Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) MA KMM Kauman Padangpanjang sukses dan lancar mengadakan Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati I (PKD TM I). 

Kegiatan pengkaderan ini berlangsung dari tanggal 26-29 November 2020, di Gedung MA KMM Kauman Padangpanjang.

Pada acara penutupan PR IPM MA KMM Kauman Padangpanjang, Malik mengatakan rasa terimakasihnya kepada seluruh civitas akademika MA KMM Kauman Padangpanjang yang telah mendukung kegiatan ini sampai selesai.

"Selaku pimpinan ranting, saya ucapkan terimakasih kepada seluruh panitia, pimpinan Daerah, Pimpinan Wilayah, mudir pondok pesantren beserta jajaran, guru-guru yang telah memberikan kami kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan pengkaderan ini. Kita sedang berada dimasa sulit. Pandemi covid telah merubah semua rencana dan program kerja kita. Tapi sesuai anjuran dari pihak pesantren, kegiatan ini berjalan dengan baik dan Alhamdulillah tidak ada indikasi peserta mengalami gejala Covid19. Kami melaksanakan kegiatan hanya berlangsung siang hari saja, serta trainis wanita dan laki-laki kami pisahkan kegiatannya, "katanya.



Ditempat berbeda, Mudir Pondok Pesantren MA KMM kauman Padangpnjang, Derliana,MA menyampaikan apresiasi yang luar biasa untuk seluruh panitia serta semua unsur yang terlibat didalam acara tersebut.

"Alhamdulillah, semua sesuai yang kita harapkan. Proses pengkaderan berjalan sesuai dengan apa yang telah kita bicarakan sebelumnya. Ditengah pandemi seperti ini kami sebetulnya cemas juga dengan kegiatan ini namun dengan segala syarat protokol kesehatan semua peserta semuanya dalam keadaan sehat dan bahkan mereka bahagia sekali. Kami berharap dengan pengkaderan ini, MA KMM mampu melahirkan kader-kader militan Muhammadiyah untuk terus berbuat bagi bangsa dan negara kita," Katanya.

"Sudah banyak sebetulnya kader-kader Muhammadiyah yang berasal dari MA KMM ini menjadi orang besar dan sukses. Semua tidak terlepas dari apa yang mereka dapatkan lewat proses kaderisasi dan juga pendidikan disini. Kita berharap kedepannya kader-kader ini menjadi ujung tombak dalam segi dakwah Muhammadiyah dimanapun nantinya mereka melanjutkan pendidikannya, " tutupnya.

Pelatihan Kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah kali ini mengusung tema "Pemantapan Kader Guna Membangun generasi emas yang militan, intelektual dan berakhlakul karimah" . Kegiatan yang berlangsung di dua tempat ini secara keseluruhan berjalan aman dan tertib.

Kegiatan pengkaderan ini diikuti sebanyak 98 orang. Selama pengkaderan seluruh peserta tampak antusias mengikuti kegiatan. 

Menurut Yuhaldi, S.Pd selaku pembina IPM MA KMM Kauman Padangpanjang mengatakan bahwa antusias peserta dapat dilihat dari beberapa faktor, salah satunya tingkat rasa ingin tahunya terhadap materi. 





Hal itu menurut lelaki yang berjambang ini, mencontohkan dengan beberapa pertanyaan peserta.

"Antusias peserta dapat dilihat seberapa besarnya daya rangsangan yang dihasilkan oleh pemaparan materi sehingga dari daya rangsangan tersebut memunculkan beberapa pertanyaan yang esensial. Bahkan ada beberapa trainis (peserta Pengkaderan-red) yang berupaya mendapatkan jawaban yang pasti atas  pertanyaanya. Kami menilai peserta tahun ini benar-benar kuat rasa ingin tahunya. Tinggal bagaimana kita di MA KMM membimbing dan menuntunnya agar menjadi kader militan Muhammadiyah selanjutnya, " tutupnya. 

Pada akhir penutupan master of training PKDTM 1, Ernawati,S.Pd membacakan SK kelulusan trainis, hasilnya seluruh peserta dinyatakan lulus dalam pengkaderan ini. 

Semua peserta berhak atas syahadah yang merupakan ijazah pengkaderan atau sebagai bukti bahwa peserta benar-benar telah menjalankan proses kaderisasi di tubuh IPM. (JED) 
×
Kaba Nan Baru Update