Notification

×

Iklan

Iklan

Lubuk Mata Kucing, Pemandian Umum Alami Yang Patut Dikunjungi

23 November 2020 | 14.18 WIB Last Updated 2020-11-23T07:19:09Z

 



Padang Panjang -- Lubuk Mata Kucing merupakan sebuah tempat pemandian umum yang populer dengan airnya yang sangat jernih seperti mata kucing. Begitulah pendapat dari orang-orang sekitar. 


Pemandian ini dibangun sejak zaman penjajahan Belanda, sekitar tahun 1918 dan masih ada sampai sekarang. Bagi masyarakat Padang Panjang, Lubuk Mata Kucing sudah tidak asing lagi tentunya. 


Lokasi ini menjadi salah satu destinasi yang menarik yang sering diunjungi para wisatawan. Seperti wisatawan dari Bukittinggi, Solok, Padang dan kota-kota lainnya.


Pada awal tahun 2017, destinasi ini sempat tidak beroperasi selama beberapa bulan, karena renovasi yang dilakukan pemerintah. Seperti pembaruan pada fasilitas kolam renang, berupa penggantian lantai keramik agar lebih bersih. karena yang lama sudah berlumut dan keramiknya banyak yang pecah. 




Selain itu, kantin yang lama juga direnovasi dan dipindahkan ke lantai dua, sedangkan kantin yang lama dijadikan kolam renang untuk anak-anak.


Lokasi pemandian Lubuk Mata Kucing berada di Kelurahan Pasar Usang, Kecamatan Padang Panjang Barat. Persisnya, di jalan menuju Nagari Singgalang. 


Lokasi di sini berudara sejuk dan segar, karena berada di kaki Gunung Singgalang. Lingkungan sekitarnya masih sangat alami dengan banyaknya tumbuh-tumbuhan hijau di sekitarnya. Air pemandian Lubuk Mata Kucing ini tidak pernah menggunakan kaporit.


Setiap pengunjung yang datang, dikenakan tarif berupa tiket masuk hanya Rp.5000,- saja per orangnya. Dengan harga terjangkau para pengunjung sudah dapat menikmati pemandian Lubuk Mata Kucing sepuasnya. 


Pemandian Lubuk Mata Kucing dibuka setiap hari kecuali Jumat. Karena dilakukan pembersihan kolam mingguan. Adapun waktu buka yaitu dari pukul 07.30-18.00 WIB. (Dinul/Endi)

×
Kaba Nan Baru Update