Notification

×

Iklan

Iklan

AMSI Sumbar Gelar Cek Fakta Debat Pilgub 2020

03 Desember 2020 | 12.11 WIB Last Updated 2020-12-03T11:09:19Z


Padang -- Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Sumatra Barat menggelar Cek Fakta Debat Pilgub Sumbar pada Kamis 3 Desember 2020 pukul 14.00 WIB.


Cek fakta ini diikuti sejumlah media anggota AMSI Sumbar, seperti klikpositif.com, covesia.com, langgam.id, padangkita.com, mentawaikita.com, beritaminang.com, prokabar.com, inioke.com,  sumbarsatu.com dan beberapa pers mahasiswa.


Ketua AMSI Wilayah Sumbar Yonda Sisko mengatakan, cek fakta ini digelar untuk menghadapi hoaks yang berpotensi terjadi selama kampanye dan debat Pilgub Sumbar.


"Ini salah satu kontribusi kami dari AMSI untuk publik, dengan memberikan informasi yang bermutu," ujarnya.


Yonda mengatakan, tim pemeriksa fakta atau (fact-cheker) ini sudah mendapatkan pelatihan cek fakta.


Kata dia, selain jurnalis, tim pemeriksa fata juga akan dibantu para expert dari praktisi dan akdemisi, yaitu Adel Wahidi dari Ombudsman Perwakilan Sumbar, Charles Simabura dan Beni Kurnia dari Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Unand.


Sekretaris Jenderal AMSI Wahyu Dhyatmika mengatakan, AMSI berkontribusi dalam membantu memastikan momentum pilkada tak dinodai hoaks atau mis/disinfirmasi.


“Pilkada merupakan momen politik penting untuk menegaskan kedaulatan rakyat,” ujar Mantan Pemimpin Redaksi Tempo.co itu.


AMSI juga pernah melakukan cek fakta saat debat Pilpres 2019 selama 4 kali. Cek fakta dilakukan dengan berkolaborasi dengna media-media anggota AMSI yang tergabung dalam Cek Fakta bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Mafindo.


AMSI yang sudah tecatat sebagai konstituen Dewan Pers pada awal 2020, sudah memiliki 338 anggota media online yang tergabung di 21 AMSI wilayah di 17 provinsi di Indonesia.(*) 

×
Kaba Nan Baru Update