Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Layanan Ke Masyarakat, Pemko Padang Panjang Gulirkan 150 Inovasi

03 Desember 2020 | 14.36 WIB Last Updated 2020-12-07T07:42:01Z

 




Padang Panjang --  Memberikan pelayanan yang maksimal dan paripurna adalah tujuan dari Pemerintah Kota Padang Panjang dalam melayani masyarakatnya. Sehingga cita-cita mewujudkan Padang Panjang yang tangguh dan berdaya saing dapat tercapai. 

Di tahun 2020, Pemko menargetkan sejumlah program yang akhirnya dialihkan dalam penanggulangan COVID-19. Hal ini merupakan satu hal yang tak mudah bagi Pemko yang sedang fokus dalam pembangunan kota. 

Namun demikian, Pemko tetap berjuang,  dan kerja kerassejumlah prestasi pun tetap diraih. Antara lain, Indonesia Smart Nation Award (ISNA) kategori Smart Environment, STMB berkelanjutan, Nugra Jasa Darma Pustokloka Kategori Pejabat, Bronze Winner Tourism Award, Natamukto Award, Goverment Creatvity Innovation Entreprenuership Leadership Award ( kategori wisata berbasis kelurahan), Pasar SNI dan Rumah Kemasan, Apresiasi Kementerian Perdagangan atas program "Tembang Indah Si Jempol (Tera Ulang Insyaa Allah Membawa Berkah, Siap Jemput Bola) dan banyak lagi penghargaan yang telah diraih oleh Kota Padang Panjang.

Dan di penghujung tahun 2020, sebanyak 150 inovasi dari 24 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Padang Panjang, secara resmi dilaunching Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, saat acara Deliver Launching Laboratorium Inovasi, di Auditorium Mifan, (1/12).

Disebutkan Wako H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, dirinya akan terus mendorong agar semua OPD dan kecamatan memiliki inovasi atau aplikasi. Sehingga pelayanan publik dapat terlayani dengan baik. Serta menopang atau menunjang daya saing daerah.





Fadly berharap, melalui kegiatan pendampingan Laboratorium Inovasi Daerah yang dilakukan Pemko dan LAN, akan mampu memunculkan ide atau gagasan-gagasan inovatif dari OPD. Menurutnya, inovasi merupakan solusi yang tepat dalam penyelesaian permasalahan dan berbasis pada kepentingan masyarakat banyak


Berbagai inovasi ini sempat ditampilkan sekilas. Beberapa aplikasi atau program inovasi di antaranya seperti layanan Smart Hospital Satu Jam Saja inovasi milik RSUD Padang Panjang, Smart Water Manajemen System inovasi PDAM dan Uda Jang inovasi Dinas Kominfo, serta berbagai inovasi lainnya.

Sementara itu, Kepala BAPPEDA, Rusdianto, S.IP, MM menambahkan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini, untuk mengakselerasi inovasi daerah yang ada di tiap-tiap OPD dan kecamatan. Sebelumnya, Laboratorium Inovasi Daerah telah melaksanakan berbagai tahapan mulai dari drump up, diagnose dan design.

”Pada tahap deliver launching ini, akan ditandatangani surat perjanjian kinerja inovasi, antara kepala daerah dan kepala OPD yang merupakan komitmen mereka untuk melaksanakan atau mengimplementasikan rencana aksi inovasinya,” jelasnya


Untuk tahap selanjutnya kata Rusdianto, akan dilaksanakan monitoring terhadap pelaksanaan inovasi tersebut. Kemudian pada tahap akhir, akan dilaksanakan display, berupa gelar inovasi daerah atau pameran inovasi di tahun 2021.

 Perusda PDAM Luncurkan Smart Water  Management System


PDAM Kota Padang Panjang Ciptakan Aplikasi SWMS Pertama di Sumbar, sebuah terobosan baru, dilakukan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang Panjang.

Aplikasi Smart Water Management System (SWMS), diciptakan guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Aplikasi ini, suatu sistem berbasis teknik informatika pertama di Sumatera Barat.





Bertempat di halaman kantor PDAM Kota Padang Panjang Walikota H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano meresmikan Transformasi PDAM menuju "Smart Water Company" , Selasa (1/12) di halaman Kantor PDAM.

Fadly mendorong PDAM tidak hanya fokus pada infrastruktur, tetapi berupaya memberikan sesuatu yang bermanfaat dan dapat dirasakan masyarakat.

Pjs. Direktur PDAM, Alhadi, ST mengatakan, perkembangan teknolgi 4.0 ditandai dengan internet of thing. Berkenaan dengan itu, PDAM bergerak menciptakan inovasi SWMS yang juga selaras dengan visi misi Kota Padang Panjang sebagai smart city.

Alhadi memaparkan, banyak manfaat yang diberikan dengan adanya aplikasi SWMS. Antara lain dapat mengetahui secara real time kualitas air, tekanan air, suhu, getaran, meteran pelanggan, serta adanya kebocoran lewat layar monitor di PDAM. Hal itu lantaran adanya sensor di sejumlah titik saluran air yang ada di sekitar kota.

"Saat ini baru terealisasi 20 titik, baru 30 persen. Di Tahun 2021 ditargetkan seluruhnya akan kita pasang sensor sehingga kita dapat memantaunya," katanya.

RSUD Kota Padang Berikan Layanannya Inovasi “Smart Hospital” 

Pernah merasakan antrean panjang untuk dapat pelayanan? Pernah menunggu dokter yang datang sekian jam kemudian? Hal ini takkan ditemukan lagi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Padang Panjang.

Ardoni menjelaskan, inovasi ini merupakan sebuah sistem informasi RSUD yang dapat diakses menggunakan personal computer (PC), smartphone berbasis Android maupun iOS. Cari saja aplikasi Smart Hospital menggunakan gadget atau PC di playstore, app store atau googling saja.

"Sistem ini berfungsi untuk mendapatkan kepastian berobat ke RSUD Padang Panjang. Berupa pendaftaran online, ketersediaan kamar rawat, penggunaan shuttle bus, jadwal dokter poliklinik, dan pemakaian obat. Semua layanan pasien rawat jalan dapat terlayani hanya satu jam saja,"

Cara pakai aplikasi ini yaitu pertama pasien mendaftar online dari mana saja menggunakan perangkat gadget atau PC. Selanjutnya, pasien akan dijemput dengan menggunakan shuttle bus gratis menuju ke RSUD.





Setelah itu, Pasien yang telah mendaftar secara online, dapat langsung melakukan check in sesuai dengan jam kedatangan yang telah dipilihnya. Bentuknya, QR Code di perangkat gadget pasien, termasuk nomor antrian dan jadwal check in.

Seterusnya, pasien yang telah selesai check in, akan langsung mendapatkan konsultasi pengobatan dengan dokter spesialis yang telah dipilih. Sesuai jadwal yang sudah disampaikan dalam aplikasi pendaftaran online, dengan bukti reservasi dan QR Code tadi. Setelah konsultasi dengan dokter spesialis, pasien menyerahkan resep ke apotek dan menunggu obat disiapkan tim farmasi.

Obat yang telah disiapkan, akan diserahkan kepada pasien melalui loket penyerahan obat. Apoteker akan menjelaskan aturan pemakaian obat tersebut. Terakhir, pasien akan diantar pulang dengan menggunakan shuttle bus sesuai jadwal dan rute yang ditetapkan

Selanjutnya, pasien dapat menunggu notifikasi obat melalui aplikasi Smart Hospital yang akan menampilkan tentang petunjuk minum obat yang diberikan sesuai dengan instruksi dokter yang meresepkan. Sebagai pengingat tambahan, jika pasien sering lupa minum obat.

Dengan adanya inovasi ini, dia berharap dapat menjadi solusi dalam memecahkan masalah yang sering terjadi di RSUD. Hadirnya aplikasi ini, dapat meningkatkan pelayanan yang baik kepada masyarakat. (***) 


#inovasi
#padangpanjang
×
Kaba Nan Baru Update