Berkomitmen Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan, MKKS Padang Panjang Gelar Rapat Kerja -->

Iklan Semua Halaman


Berkomitmen Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan, MKKS Padang Panjang Gelar Rapat Kerja

Web Master
21 February 2021



Padang Panjang -- Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam segala bidang kehidupan masyarakat, maka turut membawa perubahan paradigma dalam bidang pendidikan. Perubahan paradigm pendidikan diera sekarang mengharuskan adanya perubahan fungsi dan peran Kepala Sekolah. 

Kepala Sekolah tidak lagi hanya melakukan kebijakan-kebijakan yang bersifat sentralistik, tetapi telah juga bergerak kearah desentralistik dan manajemen partisipatif. Kepala Sekolah tidak lagi bekerja secara individual yang cerdas tetapi juga harus bekerja secara team work yang cerdas.

Pergeseran fungsi dan peran Kepala Sekolah dalam mengelola sekolah mengharuskan adanya tuntutan Kepala Sekolah yang aktif, kreatif, dan inovatif. Dengan kata lain, Kepala Sekolah dituntut harus proaktif dan mampu melakukan perubahan-perubahan di sekolah yang mampu meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Tuntutan ini merupakan implikasi dari penerapan konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

Untuk meningkatkan mutu Pendidikan di Kota Padang Panjang, maka MKKS SMP Negeri dan Swasta melakukan rapat kerja yang dilakukan selama dua hari mulai tanggal 20 sampai 21 Pebruari 2021 yang di laksanakan di Villa Kayu Putih Alahan Panjang Kabupaten Solok. 

Kegiatan rapat Kerja MKKS ini dibuka secara resmi oleh Bapak Drs. M. Ali. Tabrani, M.Pd sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Panjang. Dalam arahannya beliau menyampaikan program kerja MKKS tersebut hendaknya menjadi acuan untuk sekolah-sekolah Negeri maupun swasta begitu juga menjadi arah kemajuan Pendidikan di Kota Padang Panjang. Kegiatan ini di ikuti oleh 14 Orang Kepala SMP Negeri dan Swasta.

Pembuatan program kerja tersebut adalah kelanjutan dari terpilihnya kepengurusan MKKS periode 2021-2024. Program tersebut dibuat oleh masing-masing bidang dan diplenokan. Hasil dari program kerja tersebut akan dilaporkan kepada Pemerintah Kota Padang Panjang dengan harapan menjadi salah satu solusi bagi peningkatan mutu Pendidikan di Kota Padang Panjang. (Muji Sirwanto