Notification

×

Iklan

Iklan

BPBD Agam Berjibaku Padamkan Lahan Gambut yang Terbakar di Durian Kapeh

22 Februari 2021 | 20.53 WIB Last Updated 2021-02-22T13:54:22Z



Agam -- Lahan gambut di Jorong Aia Maruok, Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, kembali terbakar.


Lahan gambut yang ditanami kelapa sawit itu diinformasikan terbakar oleh Polsek Tanjung Mutiara, Minggu (21/2) sekitar pukul 18.00 WIB, demikian penjelasan Kabid KL BPBD Agam, Syafrizal dikutip dari AMCnews.co.id, Senin (22/2). 


“Mendapati informasi kita langsung memonitor kejadian, namun tidak dapat ditangani karena hari sudah hampir malam,” ujarnya.


Pagi tadi, katanya, tim BPBD langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman, yang saat itu ditemukan api sedang berkobar membakar lahan gambut tersebut.


Dikatakan Syafrizal, lahan terbakar bertepatan di kawasan lahan yang terbakar sebelumnya milik Brigjen Purn TNI Dasiri Musnal dan Jarot.


“Lahan yang baru terbakar ini sekitar satu hektar. Hingga kini kita bersama pemilik lahan masih melakukan upaya pemadaman,” katanya.


Namun, pemadaman alami kendala akibat sulitnya sumber air, lokasi kejadian juga tidak bisa ditempuh kendaraan. Bahkan ia juga sudah minta bantuan kepada Damkar Agam dan KPHL untuk melakukan pemadaman.


Dijelaskannya, sebelumnya lahan milik Dasiri dan Jarot yang terbakar sekitar enam hektar, bahkan sudah ditangani sampai tahap pendinginan. Karena cuaca panas dan diiringi hembusan angin yang cukup kuat, maka api kembali menyala.


“Akibatnya luas lahan terbakar diperkirakan capai tujuh hektar,” tukasnya.


Hingga kini, tim masih berjuang melakukan pemadaman, yang diperkirakan akan berlangsung sampai beberapa hari ke depan hingga proses pendinginan. (Rel) 


×
Kaba Nan Baru Update