Notification

×

Iklan

Iklan

Meski Pandemi, Pesta Radja XVI SMP Islam Raudhatul Jannah Sukses Digelar

28 Februari 2021 | 14.21 WIB Last Updated 2021-02-28T07:22:26Z

Meski  Pandemi, Pesta Radja XVI SMP Islam Raudhatul Jannah Sukses Digelar


Payakumbuh --  Pekan  Studi  Seni  dan Sastra SMP Islam Raudhatul Jannah (PESTA RADJA) XVI tingkat SD/MI se-Sumatera Barat 2021 telah sukses digelar dengan sistem yang berbeda pada tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 25 s.d 27 Februari 2021 dengan tahapan yang berbeda pada masing-masing cabang lomba, antara lain; Lomba Bidang Studi (LBS), Lomba Baca Puisi (LBP) dan Lomba Tahfizh Quran (LTQ).  Namun semua cabang lomba melalui tahapan babak penyisihannya dengan cara daring atau online, menggunakan berbagai macam aplikasi dalam pemanfaatan digitalisasi. 


Babak penyisihan LBS diadakan pada hari Kamis, 25 Februari 2021 dengan menggunakan aplikasi Quizzis, sehingga para peserta dapat mengikuti lomba dari rumah masing-masing. Sebelum lomba pada hari Kamis, dilakukan terlebih dahulu simulasi pada hari Rabu, 24 Februari 2021. Pemantauan LBS daring melalui aplikasi Quizzis mulai dari simulasi sampai semifinal dilakukan di Perpustakaan SMP Islam Raudhatul Jannah.


Kegiatan yang sama juga terjadi pada LTQ tetapi dengan menggunakan aplikasi WhatsApp (WA). Semua peserta dimasukan ke satu grup WA. Ketika simulasi dan babak penyisihan melalui panggilan video (video call) antara juri dan  peserta melalui aplikasi ini. Juri memberikan pertanyaan sambung ayat pada peserta dengan mengaktifkan video, sehingga juri dapat melihat secara langsung peserta ketika membaca ayat yang disambungnya. Hafalan Al Quran yang diperlombakan adalah juz ke-30.


Lomba yang ketiga adalah baca puisi dengan sistem mengirimkan video rekaman membaca puisi tanpa diiringi oleh musik. Peserta pun membaca puisi tidak di alam terbuka melainkan dalam ruangan. Pada lomba baca puisi ini juga diikuti oleh peserta dari Gorontalo, tidak hanya dari Sumatera Barat saja. Video puisi dikirimkan pada panitia dapat melalui email, dan medsos yang dimiliki oleh peserta baik secara pribadi dan kepunyaan orang tua dengan tag Instagram SMP Islam Raudhatul Jannah, @smpirj.payakumbuh1.


Keseluruhan peserta ketiga cabang lomba Pesta Radja XVI ini sebanyak 150 orang. “Awalnya kami ragu mengadakan kegiatan tahunan SMP Islam Raudhatul Jannah ini, namun dengan semangat adik-adik peserta kelas VI SD se-Sumatera Barat bahkan ada yang dari luar Pulau Sumatera. Semua Panitia merasa juga ikut bersemangat mempersiapkan lomba secara daring ini.” Jelas Hardi Setiawan, S.Si, Wakil Kurikulum dan Penjamin Mutu Pendidikan SMP Islam Raudhatul Jannah.


Setelah melalui babak penyisihan untuk ketiga cabang lomba; bidang studi, baca puisi dan tahfizh maka dilanjutkan pada babak final dan khusus bidang studi sebelum final melalui tahap semifinal. Semifinal  LBS dilakukan pada hari Jumat, 26 Februari 2021 yang diikuti sebanyak 39 peserta, para pemuncak di semifinal inilah yang berhak maju pada babak final. Finalis LBS terdiri dari 10 orang dengan nilai tertinggi ketika menjawab soal di Quizzis, pada cabang LBP diambil sebanyak 3 orang peserta pembaca puisi terbaik, , dan LTQ sebanyak 6 orang putra dan 6 orang putri yang hafalan Juz 30 yang paling lancar dan benar tajwid serta iramanya.


Babak terakhir, babak final yang direncanakan dua opsi daring atau luring. Berhubung hanya menghadirkan para finalis saja maka panitia memutuskan untuk tatap muka atau luring pada semua cabang lomba. Tentu dengan syarat mematuhi protokol kesehatan covid 19. Peserta dan panitia serta wali murid atau orang tua yang ikut serta menghadiri final ketiga cabang lomba Pesta Radja XVI ini diwajibkan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan dicek suhu tubuhnya sebelum memasuki lingkungan kampus SMP Islam Raudhatul Jannah.



Meski  Pandemi, Pesta Radja XVI SMP Islam Raudhatul Jannah Sukses Digelar


Tepat pukul 14.00 WIB pada Sabtu, 27 Februari 2021 Pesta Radja XVI resmi ditutup oleh Kepala Sekolah, Ersis Warman, S.HI. Pada penutupan itu, Ersis menyampaikan, “Seluruh semifinalis dan finalis ketiga cabang lomba berhak masuk ke SMP Islam Raudhatul tanpa tes dan mempunyai peluang untuk tes penempatan kelas khusus bagi yang ingin lebih  meningkatkan talentanya, mulai dari kelas tahfizh, digital dan bilingual.”


Pemenang dalam lomba Pesta Radja XVI tahun 2021 dimulai dari LBS diambil pemuncak juaranya dari juara I sampai dengan harapan III sedangkan untuk Tahfizh, pemenangnya 3 juara Putra dan 3 juara putri, dan juara puisi sebanyak 3 orang. Pemuncak juara baca puisi; juara 1 atas nama, Derhifveallind Analla dari SD N 05 Sungai Kamuyang, juara 2 Keisya Siti Azura dari SD N 1 Balai Gadang Kota Payakumbuh, dan juara M. Afif Rahman dari SD Islam AlHufazh. Pemuncak juara Tahfizh Putra; juara 1 Dzaki Fadhlurrahman dari SD Islam Raudhatul Jannah, juara 2 Muhammad Rafif Fadhillah dari SD N 02 Payakumbuh, dan juara 3  Ahmad Zikro dari SD Islam Raudhatul Jannah. Pemuncak juara Tahfizh putri; juara 1 Faizah Alina Putri dari SD N 04 Payakumbuh, juara 2 Almira Luthfia Nashifa dari SDIT Madani, dan juara 3 Humairah Hidayah Fathin dari SD Islam Raudhatul Jannah. Pemuncak juara LBS terdiri dari; juara 1 atas nama Akram Taymullah dari SD Islam Raudhatul Jannah, juara2 Amedeo Rhasya Propatria dari SD N 21 Payakumbuh, juara 3 Maura Rakhshanda dari SD Islam Raudhatul Jannah, harapan 1 Azura Qufron al Aliq dari SD N 11 Payakumbuh, harapan 2 Nayla Ramadhani dari SD N 61 Payakumbuh dan harapan 3 Shadad habil Belmiro dari SD N 02 Percontohan Bukittinggi.


Kesuksesan para pemenang dalam Pesta Radja XVI SMP Islam Raudhatul Jannah membuktikan bahwa para siswa dan guru mampu beradaptasi dan berprestasi meski dalam masa pandemi. Belajar dan berprestasi adalah yang akan tetap diraih bagi semua pelajar jika terus mau belajar meski dengan kondisi apapun,. Terbukti dengan banyaknya peminat peserta lomba dan keinginan tetap berprestasi dan juga menguasai digitalisasi dalam dunia pendidikan. Semoga tahun depan, Pesta Radja 2022 akan tetap hadir dengan situasi dan kondisi yang berbeda. “Insya Allah tahun depan akan kembali ada piala bergilir dari Gubernur Sumatera Barat yang sedang diurus oleh pihak sekolah.” Kata Hardi menjelaskan kenapa tahun ini tidak ada juara umum dengan piala bergilir karena piala bergilir tahun kemarin sudah menjadi piala tetap bagi SD Islam Raudhatul Jannah yang tiga kali berturut-turut menjadi pemenang  dalam  rangkaian lomba Pesta Radja. (ril/bd)

×
Kaba Nan Baru Update