Notification

×

Iklan

Iklan

Sabar AS, Kunjungi MuseumTuanku Imam Bonjol

23 Februari 2021 | 07.25 WIB Last Updated 2021-02-23T00:25:16Z



Pasaman -- Sabar AS Wakil Bupati Pasaman terpilih mengunjungi Museum Tuanku Imam Bonjol di Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Senin (22/2/2021).


Kunjungan tersebut didampingi Dinas Pemuda Olahraga, dan Pariwisata melalui Kabid. Pariwisata, Ahmad Bukhari dan Camat Bonjol beserta jajaran.


Sabar AS mengatakan kunjungan tersebut dilakukan guna memastikan kondisi Museum Tuanku Imam Bonjol yang kondisinya kian memprihatinkan.


"Didalam Museum Tuanku Imam Bonjol ini terlihat berupa peninggalan senjata dan perlengkapan lainnya yang digunakan oleh Tuanku Imam Bonjol dan tertata rapi di dalamnya. Hal ini mengingatkan kita akan kenangan perjuangan yang keras melawan penjajahan Belanda,"ujar Sabar AS yang juga Presidium MW KAHMI Sumbar, terpilih.


Menurut Sabar AS, kondisi museum sekarang ini akibat dari kurangnya perawatan serta pengelolaannya, begitu juga kurangnya Sarana prasarana pendukung Wisata meseum tersebut.


"Kondisi bangunan bagian luarnya yang kian memprihatinkan dan kurang terawat. Rumput liar yang kurang terbenahi dengan baik. Sehingga kesan museum ini tampak seperti bangunan tua dan angker. Hal ini yang akan kita benahi adalah perawatannya. Agar museum kembali bisa dikunjungi wisatawan kedepannya,"tambah Sabar AS.


Apalagi potensi Wisata Museum Imam Bonjol ini didukung dengan objek wisata lainnya yang ada di Pasaman ini, seperti Arum Jeram di Bonjol, kawasan wisata Agro Puncak Tonang, Embun Water Park Lubuk Sikaping, Cagar Alam Rimbo Panti, Sontang Park, Bensos, Puncak Kumoyen Tapus, Puncak koto panjang dan lainnya. 


"Apalagi Museum Tuanku Imam Bonjol ini sebagai ikon Utama Wisata daerah kita Pasaman yang berskala Nasional dan Internasional dengan melakukan pengembangan wisata terpadu dan berkesinambungan,"ujarnya lagi.


Selain itu Sabar juga mengatakan agar dilakukan pengembangan komunitas masyarakat seperti komunitas Arum jeram, komunitas penggiat wisata haritage dan sejarah, dan komunitas agro wisata. 


"Tentu hal ini melibatkan urusan pariwisata dan ekonomi kreatif, kebudayaan, pemuda dan olah raga, pertanian, perindustrian dan perdagangan serta umkm, urusan pekerjaan umum, cagar budaya. Membentuk Pokdarwis maupun nagari sekitarnya sebagai Nagari (Desa) Wisata yaitu Nagari Ganggo mudiak dan nagari Ganggo Hilia Kecamatan Bonjol, Pasaman,"harapnya.


Sementara Kepala Bidang Pariwisata Disporapar Pasaman, Ahmad Bukhari mengatakan saat ini yang masih jadi kendala yaitu lahan Museum Tuanku Imam Bonjol yang masih dibawah pengelolaan Pemprov Sumbar.


"Lahan dan bangunan Museum Tuanku Imam Bonjol ini masih kewenangan dari Pemprov Sumbar. Kita dari Pemda sudah 2 kali mengajukan permohonan ke Pemprov Sumbar untuk dipindahkan pengelolaannya ke Pemkab Pasaman. Namun sampai hari ini belum juga direalisasikan oleh Pemprov Sumbar,"terang Ahmad Bukhari.


Ahmad Bukhari pun mengatakan kondisi bangunan bagian luar museum sudah sangat memprihatinkan dan perlu dilakukan rehab berat. "Sangat memprihatinkan dan sangat tidak terawat. Kita harapkan bangunan bagian luar Museum ini bisa direhab berat. Dan bisa membutuhkan biaya sekitar Rp2 Miliar,"tuturnya.


Saat ini kata dia Pemda Pasaman hanya bisa membiayai kebutuhan operasional Museum Imam Bonjol saja seperti biaya petugas, biaya listrik, dan kebersihan.


"Kami sangat terharu dengan apa yang dicita-citakan Pemkab Pasaman untuk kemajuan pembangunan Museum ini. Semoga nantinya bisa terealisasi dengan baik. Agar kembali menjadi salah satu tujuan wisatawan ke Pasaman yang berimplikasi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD),"ujar Ahmad Bukhari mengakhiri. (Dim)

×
Kaba Nan Baru Update