Notification

×

Iklan

Iklan

Akibat Curah Hujan Tinggi, Puluhan Hektar Sawah Siap Panen Gagal Total

29 Maret 2021 | 15.10 WIB Last Updated 2021-03-29T08:10:11Z



Pasaman -- Puluhan hektar sawah (padi) siap panen di Kenagarian Sundata Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman rusak akibat tingginya curah hujan selama beberapa hari ini.


Dilokasi tersebut terjadi banjir besar yang mengakibatkan padi yang sudah menguning, yang tinggal menunggu panen, kini rebah, dan akibatnya batang padi yang sudah tua tersebut tertimbun lumpur.


"Banjir besar tersebut timbulnya dari luapan batang Sumpu yang mengakibatkan sawah masyarakat di 4 (empat) Kejorongan Nagari Sundata rebah tertimbun lumpur, hingga akibatnya masyarakat gagal panen,"ujar Rio Endria Wali Nagari Sundata saat diwawancara, Senin (29/3/2021).


Selain areal sawah banjir tersebut juga merusak bendungan dan irigasi di Jorong Mapun dan Kejorongan 2 ( dua) Sungai Pandahan," jelas Rio Endria.


Rio Endria juga mengatakan, sampai saat ini pihaknya di Nagari dan Instansi terkait masih mendata berapa kerugian yang dialami oleh masyarakat.


Sementara itu pada kesempatan yang sama warga Mapun, Nurhasanah (40) menyampaikan, sawah kami yang rencananya besok akan di panen akibat dari banjir tersebut seluruhnya menjadi gagal di panen karena tertimbun lumpur.


Oleh karena itu Nurhasanah pun mengatakan, kami hanya berharap dari hasil sawah yang siap panen yang akan menopang ekonomi kami, untuk itu kami yang tertimpa musibah banjir ini hendaknya ada bantuan dari pihak terkait. (Dim)

×
Kaba Nan Baru Update