Notification

×

Iklan

Iklan

Tidak Terima Honor Empat Bulan Perangkat Nagari Pasie Laweh, Berencana Mogok Kerja

06 April 2021 | 00.31 WIB Last Updated 2021-04-05T17:31:01Z




TANAH DATAR - Perangkat Nagari Pasie Laweh Kecamatan Sungai Tarab, berencana akan mogok kerja mulai Selasa (5/4) besok, jika honor selama empat bulan juga belum dicairkan.


Hal itu dikemukan oleh Wali Jorong Lurah Ampang, Nagari Pasia Laweh, Syamsuar kepada awak media, di jorong Lurah Ampang Nagari Pasia Laweh Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar. Senin (5/04/2021).


"Ini merupakan bentuk protes kami kepada pemerintah daerah yang melalai - lalaikan pembayaran honor kami selama empat bulan," ujarnya.


Tambahnya, sebagai ujung tombak pelayanan administrasi di nagari, seharusnya pemerintah daerah memperhatikan kesejahteraan dan kebutuhan keluarga.


"Bupati ketika pertemuan dengan seluruh wali nagari pada tanggal 8 Maret lalu, berjanji akan membayarkan honor wali nagari beserta perangkatnya, " jelasnya.


Dalam pertemuan itu, katanya bupati menyarankan untuk mengajukan dua bulan (Januari- Febuari), namun juga belum terealisasi. 


"Kemana hati nurani pimpinan kita yang sedang memegang ke kuasaan.

Kami di tuntut untuk bekerja, namun hak belum juga di terima hingga hari ini, " tururnya.


Lanjutnya, padahal untuk menutupi kebutuhan dan biaya hidup sehari - hari, kami terpaksa hutang disana sini. 


"Kami butuh biaya untuk mengcukupi kebutuhan hidup anak-anak dan keluarga. Bagaimana mau mencari sampingan di luar, sementara kami harus melayani masyarakat apa lagi sekarang banyak bencana alam angin puting beliung di daerah kami yang memporak pogandakan rumah warga dan sekolah" pungkasnya. 


Ketika dikomfirmasi kepada Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Tanah Datar Adrion Nurdal, mengatakan sebagian honorium perangkat nagari telah dicairkan sesuai dengan kesepakatan bersama.


"18 nagari telah dicairkan, karna sudah selesai tahapan verifikasi, dan yang lainnya masih dalam tahapan proses," sebutnya. 


Terkait dengan Nagari Pasie Laweh, Adrion menyatakan permintaan pencarian honorium perangkat nagari baru diajukan ke pemerintah daerah. 


"Khusus Pasie Laweh, Pemerintahan Nagari nya baru memasukan pada hari Kamis (1/4) lalu. Sedang dalam proses verifikasi, jika tidak ada gangguan jaringan, besok (Selasa- red) diselesaikan paling lambat dua hari lagi, " ungkapnya. (Pede)

×
Kaba Nan Baru Update