Notification

×

Iklan

Iklan

Masyarakat Limau Kapeh Gotong-Royong Bersihkan Masjid Nurul Ikhlas

23 Mei 2021 | 20.13 WIB Last Updated 2021-05-23T13:13:50Z
Masyarakat Limau Kapeh  Gotong-Royong Bersihkan Masjid Nurul Ikhlas

Kondisi 30 % Pembagunan Masjid Nurul Ikhlas



Solok Pasbana.com - Masyarakat Limau Kapeh dan sekitarnya yang berada di wilayah Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok, melaksanakan gotong royong bersihkan masjid yang sedang dibangun secara swadaya, Minggu (23/05/2021). 


Gotong-royong kali ini,  untuk membersihkan halaman dan pekarangan Masjid Nurul Ikhlas yang sedang terbengkalai, Masjid ini terletak di Jalan  Lintas Sumatera KM.9 Solok - Sungai Lasi Limau Kapeh Kecamatan IX koto Sungai Lasi Kabupaten Solok. 


Bangunan Masjid Nurul Ikhlas ini dirancang dan didesain berdiri di atas tanah seluas 400 meter , dengan luas bangunan 18 x 18 meter persegi.


Tanah tempat dibangunnya  Masjid Nurul Ikhlas merupakan wakaf dari Hj.Nurjanis/Panai dengan keluarga yakni  saudari Yeni Eka Diana, Adrian Fakhri ,Sri Handayani, Ayu Nina Sari dan Afsah Viona. 


Keluarga ini sepakat mewakafkan sebidang tanah untuk pembangunan masjid yang diberi nama Masjid Nurul Ikhlas .



Ibu Hj. Nurjanis yang mewakafkan tanahnya untuk Pembagunan Masjid Nurul Ikhlas


Diterima Oleh  Perwakilan warga Limau Kapeh,  yang diwakili oleh Husnal Petra,S.Pd yang juga Ketua Panitia Pelaksana Pembagunan Masjid Nurul ikhlas, Ir.Henri Martius (alm) sebagai Sekretaris dan H.Hardi, S.Pd sebagai Bendahara, menerima dengan baik niat wakaf tanah dari Hj.Nurjanis/Panai dan keluarga pada tahun 2019 yang lalu. 


Hj. Nurjanis menjelaskan ke pasbana.com bahwa pihaknya menitipkan harapan kepada Panitia semoga tanah yang diserahkan kepada masyarakat Limau Kapeh Segar Alam tersebut bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk sarana ibadah.

" Tanah tersebut diserahkan dengan niat ikhlas dan persetujuan yang sah dari ahli Waris tanpa ada paksaan dari pihak manapun makanya kami beri nama Masjid Nurul Ikhlas, "  ungkap Hj. Nurjanis.


Husnal Petra, S.Pd  selaku Ketua Pelaksana Pembagunan Masjid Nurul Ikhlas mengucapkan terima kasih kepada pihak keluarga besar ibu Hj. Nurjanis/ Panai dan keluarga, yang telah mewakafkan tanahnya kepada masyarakat untuk sarana ibadah.


Semoga ini menjadi amal ibadah yang berlipat ganda oleh beliau Hj. Nurjanis dan keluarga, serta dengan dibangunnya masjid di sini akan menjadikan suasana yang sejuk dan damai bagi warga Limau Kapeh dan sekitar, bisa  melaksanakan shalat berjama' ah dan melaksanakan kegiatan keagamaan lainnya, ungkap Husnal Petra. 


" Karena letak Masjid Nurul Ikhlas ini  sangat strategis di tepi Jalan lintas sumatera tidak hanya warga sini yang akan bisa memanfaatkan semua warga yang lewat juga akan bisa memanfaatkannya untuk melaksanakan ibadah Sholat, " terang Husnal.


Husnal juga berharap kepada para donatur berpartisipasi dalam pembangunan masjid ini karena dana pembangunan yang dibutuhkan  kurang lebih 2,5 Milyar rupiah.


Alhamdulillah  pembangunan sudah mencapai 30 % semua  itu merupakan  infak wakaf dan sedekah para donatur semoga partisipasi para donatur tersebut jadi amal ibadah dan dibalas oleh Allah dengan balasan rezeki  yang berlipat ganda lagi berkah,  aamiin..




" Kami panitia  juga menerima  sumbangan berupa material dan uang  yang bisa di gunakan untuk melanjutkan  pembagunan masjid ini. Pembangunan saat sekarang sudah mencapai ketahap pencoran tempat gubah  ," tambah Husnal.


Untuk Melanjutkan pembagunan kepada Tahap Selanjutnya yaitu Pencoran tempat kedudukan Gubah dan Plat Lantai Atas  berdasarkan permintaan bahan dari Tukang Kita memerlukan bahan sebagai berikut.

1. Besi ulir 13 = 30 btg @Rp 152.000,- 

2. Besi ulir 10 = 30 btg @Rp 79.000,- 

3. Besi 10 Rps = 350 btg@Rp 78.500,- 

4. Besi 8 Rps = 80 btg @Rp 51.500,- 

5. Triplek tbl 9 mm = 84 lbr @Rp 102.000,- 

6. Paku pjg 1.1/2 = 5 kg @Rp 18.000,-

7. Paku pjg 2. = 2 kg @Rp 17.000,-

8. Paku pjg  21/2 = 3 kg@Rp 17.000,-

9. Paku pjg 3 = 2 kg @Rp 17.000,-

Total Biaya  Rp 47.302.000,-


" Material diatas sudah dipesan ke Toko SKS bangunan Muaro Kalaban sudah diantar ke Masjid Nurul Ikhlas tapi belum dibayar," terang Husnal . 


Selain biaya diatas panitia juga memerlukan biaya upah  tukang dan material lainnya untuk tahap kerja selanjutnya membutuhkan dana sekitar Rp 1.500.000.000,- ( satu milyar Lima  Ratus Juta Rupiah).


Demi kelancaran Pembagunan Masjid Nurul Ikhlas, Panitia Pelaksana Pembangunan berharap bantuan dan partisipasi bapak / ibu Para Donatur. 


Husnal juga apresiasi  kepada seluruh warga Limau Kapeh sekitarnya. Baik laki laki dan perempuan mereka berbondong-bondong bergotong-royong, saling bahu membahu dalam pembangunan Masjid. di wajah mereka nampak raut wajah keceriaan.


Kami sampaikan juga kepada para donatur yang akan ikut  berpartisipasi untuk Pembangunan Masjid Nurul Ikhlas  dapat  menyalurkan infak, wakaf dan sedekahnya melalui Rekening Bank BRI No. 5548-01-009147-53-7 atas Nama Masjid Nurul Ikhlas Solok, " tutupnya  (Nal). 

×
Kaba Nan Baru Update