Notification

×

Iklan

Iklan

FIK UNP dan Disdikbud Sijunjung Tandatangani MoA Bidang Pendidikan Olahraga

18 Juni 2021 | 17:36 WIB Last Updated 2021-06-18T10:37:25Z


Padang, Pasbana.com  – Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK)  Universitas Negeri Padang melaksanakan penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) bidang Pendidikan Olahraga dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung di ruang Sidang Dekan   FIK UNP Air Tawar - Padang, Jum'at (18/ 06).


Memorandum of Agreement (MoA) dengan Nomor : UN 35.3.5/KU/2021 dan Nomor : 800/1654  /Dikbud - 2021  Prof. Dr. Alnedral, M.Pd Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang dan  Usman Gumanti, S.Pd, M.M Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung. sepakat untuk mengadakan Perjanjian Kerja Sama berpedoman kepada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi,  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2014 tentang Kerja Sama Perguruan Tinggi. Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 14 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Padang. Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 109/M/1992 tentang Kerja Sama Perguruan Tinggi dengan  Lembaga terkait.


Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof.  Ganefri, Ph.D, melalui Dekan Fik UNP Prof. Dr. Alnedral, M.Pd, mengemukakan bahwa pihaknya siap meningkatkan implementasi kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sijunjung  terutama dalam bidang pendidikan sehingga bermanfaat bagi masyarakat.




Kerjasama dalam hal penyelenggaraan Program Pertukaran Informasi Penelitian, Kolaborasi Penelitian dan Publikasi Karya Ilmiah untuk kedua belah pihak serta Penyelenggaraan Program Kolaborasi Seminar dan Konferensi atau Workshop yang relevan, Bidang Pendidikan meliputi pengembangan sumber daya manusia, terutama mengikuti program pendidikan Magister (S2) di bidang Pendidikan Olahraga. 


" Untuk Bidang penelitian meliputi pengkajian ilmu pengetahun Pendidikan Olahraga, Kesehatan dan Rekreasi, Bidang pengabdian kepada masyarakat meliputi pemberdayaan masyarakat dan penerapan ilmu pengetahuan bidang keolahragaan,"terang Alnedral 


Prof. Dr. Alnedral, M.Pd menyampaikan tujuan kerjasama  untuk meningkatkan akses, mutu dan relevansi pelaksanaan tugas Tri Darma Perguruan Tinggi Universitas Negeri Padang khususnya Program Magister Pendidikan Olahraga serta meningkatkan efisiensi, efektifitas inovasi, serta mutu pelaksanaan program pendidikan daerah dan pengembangan potensi sumber daya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung. 


Juga bertujuan menjadikan perguruan Tinggi Universitas Negeri Padang khususnya Prodi Pendidikan Olahraga S2 FIK UNP sebagai mitra Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung dalam pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk Menjadikan Perguruan Tinggi, Khususnya Program Studi Pendidikan Olahraga S2 Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang sebagai institusi pembangunan pendidikan melalui pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pemerintah serta meningkatkan kualitas SDM dalam pengembangan Ilmu Keolahragaan. 


Bentuk kerjasama dalam kesepakatan bersama ini adalah kerjasama dibidang pendidikan, penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat terkait ilmu pengetahuan dibidang keolahragaan dan teknologi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia dan kualitas pelayanannya melalui alih pengetahuan dan pengalaman melalui jalur pendidikan S2 bidang pendidikan olahraga. 




Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Usman Gumanti, S.Pd, M.M pada kesempatan yang sama menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada keluarga Besar FIK UNP  yang telah menyambut dengan baik niat kerjasama antara pihak Dinas Pendidikan dan kebudayaan  Kabupaten Sijunjung  dengan UNP dalam bidang Pendidikan Olahraga S2 telah terwujut Memorandum of Agreement (MoA). 


Usman Gumanti,S.Pd, M.M  akan mendukung Niat baik Universitas Negeri Padang secara penuh. 


“Dengan kerjasama  dibidang pendidikan dapat meningkatkan kualitas tenaga Pendidik dalam rangka melahirkan SDM yang Handal dimasa yang akan datang dan Sijunjung menjadikan pusat pengembangan ilmu pendidikan olahraga yang unggul dan bermartabat berkualitas dan terpercaya  serta berharap  Universitas Negeri Padang bisa bersinergi dengan  kabupaten Sijunjung  dalam berbagai bidang selain bidang pendidikan seperti pelatihan peningkatan sumber daya manusia, industri Olah raga rekreasi dan pariwisata, " harap Kadisdikbud Kabupaten Sijunjung ini. 


" Sijunjung yang saat ini dikenal dengan pesona Geopark Silokek, yang di kawasan Geopark juga terdapat aliran Sungai Batang Kuantan, airnya yang deras yang beberapa waktu lalu dialiran air ini juga diadakan iven arung jeram kelas dunia," tutupnya.


Hadir pada MoA tersebut  Dekan FIK UNP. Prof. Dr. Alnedral. M.Pd. Wd1, Dr. Umar. MKes. AIFO. Wd 2. Dr. Wilda Willis. MKes. Wd 3. Dr. Nurul Ihsan. MKes. Kajur.  Pendidikan Olahraga Drs. Zarwan. MKes. Kajur IKOR  (Dr. Sazeli Riski. SSi, MPd. Kaprodi PO S2. Dr. Damrah, MPd, Para Wakil Dekan, Kajur, Kaprodi, Koordinator TU di Lingkungan FIK UNP, Ketua PGRI Sijunjung Husnal Petra,S.Pd, kasi kesiswaan dinas Pendidikan dan kebudayaan Sijunjung Abdul Gafar Indra,S.Pd."(Nal).