Notification

×

Iklan

Iklan

Gubernur Mahyeldi Panen Perdana Padi Organik di Pessel, Petani Curhat Minta Irigasi Permanen

15 Agustus 2021 | 22.00 WIB Last Updated 2021-08-15T15:00:43Z



Pesisir Selatan -- Potensi sawah yang dikelola secara organik di Sumatera Barat (Sumbar) masih terbuka luas. Selain karena kondisi alam Sumbar sangat mendukung sistem pertanian organik, luas baku lahan sawah yang dibudidayakan secara organik masih sangat minim.


Dari total luas bahan baku sawah Sumbar sebesar 194.281,79 Ha, baru seluas 311,187 Ha atau baru sebesar 0,16 persen dari total luas baku lahan sawah yang telah dibudidayakan secara organik.


Hal ini disampaikan Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi  saat mengikuti Panen Perdana Padi organik Kelompok Tani Bunga Padi, Nagari Padang XI Punggasan Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu (15/8/2021).


Disampaikan gubernur, saat ini, pembangunan pertanian tidak saja diarahkan kepada pertanian yang mendapatkan hasil atau produksi yang tinggi, tetapi juga memperhatikan aspek-aspek lainnya terutama aspek kesehatan dan aspek lingkungan. 


"Dari aspek kesehatan kita dituntut untuk dapat menyediakan pangan sehat dan aman untuk dikonsumsi. Hal ini bisa dicapai apa bila bapak/ibu mau dan mampu untuk menerapkan praktek budididaya pertanian yang bijaksana. Kebutuhan beras organik juga semakin tinggi," kata Buya Mahyeldi.


"Pupuk organik akan dibantu, termasuk alat panen (combine harvester) dan benihnya. Upayakan tanam serentak panen serentak juga. Pertanian organik ini banyak keuntungannya, bisa 3 kali panen, berasnya bagus dan sehat," sambung Mahyeldi.


Ketua Kelompok Tani Bungo Padi, Afendi, berharap kedepan agar dibangun saluran irigasi permanen sehingga pertanian organik ini bisa berkembang. 


"Alhamdulillah hasil panen padi organik kita cukup memuaskan. Soal pupuk tidak ada kendala, hanya saja permasalahan irigasi belum ada yang permanen. Jalan usaha tani juga belum memadai, sehingga biaya angkut padi jadi tinggi," kata Afendi. (Rel/bd) 

×
Kaba Nan Baru Update