Notification

×

Iklan

Iklan

Menparekraf Apresiasi Sumbar dalam ADWI 2021

27 Agustus 2021 | 23:51 WIB Last Updated 2021-08-27T16:51:44Z

Padang – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi empat desa wisata di Sumatra Barat (Sumbar) yang berhasil masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Hal ini disampaikannya di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabupaten Padang Pariaman untuk memulai kunjungannya di Sumbar, Jumat (27/8/2021).

“Sumbar menjadi yang terbanyak mengirimkan desa wisata dalam 50 besar ADWI 2021 yaitu empat desa. Kita sangat mengapresiasi hal ini,” ujarnya.

Empat desa wisata tersebut yaitu Desa Wisata Sungai Batang di Agam, Desa Wisata Kampung Minang, Sumpu Tanah Datar. Kemudian, Desa Wisata Seribu Gonjong di Limapuluh Kota dan Desa Wisata Apar di Pariaman.

Sandiaga menilai empat desa wisata yang masuk ADWI di Sumbar memiliki keunggulan, sehingga berpotensi besar untuk dikembangkan guna menarik wisatawan untuk datang.

Selain mengapresiasi, kedatangannya ke Sumbar sekaligus untuk mengkoordinasikan kebangkitan pariwisata guna menggerakkan perekonomian.

“Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, sektor pariwisata mulai bergerak. Desa wisata menjadi salah satu simbol kembangkitan itu,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan, pariwisata merupakan salah satu sektor yang menjadi fokus perhatian dalam RPJMD Sumbar 2021-2026.

“Pariwisata adalah salah satu sektor yang diharapkan bisa menjadi lokomotif perekonomian Sumbar selain sektor pertanian secara luas. Kita mendukung upaya menjadikan destinasi di Sumbar menjadi layak jual,” bebernya.

Ia mengucapkan selamat datang bagi Menparekraf Sandiaga Uno di Sumbar. Ia berharap perhatian lebih dari kementerian untuk menunjang pengembangan pariwisata daerah.

Sebelumnya, ada sembilan desa di Sumbar yang masuk 100 besar ADWI 2021. Yaitu, dari Agam ada Desa Wisata Lawang dan Desa Wisata Sungai Batang.

Limapuluh Kota ada Desa Wisata Nagari Wisata Kapalo Banda Taram dan Desa Wisata Saribu Gonjong.

Kemudian, Tanah Datar ada Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu. Padang Panjang diwakili oleh Desa Wisata Kubu Gadang.

Selanjutnya, Desa Wisata Silokek (Sijunjung), Desa Wisata Sanjai (Bukittinggi) dan Desa Wisata Apar (Pariaman). (Rilis)