Notification

×

Iklan

Iklan

Pengabdian LPPM Universitas Nusa Cendana Untuk Perkembangan Kemampuan Guru Penjas Berbasiskan Teknologi Digital Sebagai Kunci Utama Pada Era Industri 4.0

09 Agustus 2021 | 19:46 WIB Last Updated 2021-08-09T12:46:44Z
Penyerahan alat kepada sekolah


Pasbana.com -- Pada bulan Agustus 2021 telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dana Dipa LPPM Universitas Nusa Cendana, Kupang, Nusa Tenggara Timur. 


Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Yudabbirul Arif, M.Pd yang merupakan Dosen Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Pembukaan kegiatan oleh Yudabbirul Arif berjalan dengan lancar dan baik. 


Hadir sebagai pemateri adalah Erwin S Neolaka, M.Pd yang merupakan tenaga ahli di Kepelatihan Strength and Conditioning serta Dosen di Universitas Nusa Cendana di Kupang.


Pengabdian ini dilakukan secara face to face atau secara langsung karena disamping melaksanakan pembelajaran secara teori, juga dilaksanakan pembelajaran praktek. 



Penerapan protokol kesehatan


Kegiatan pelatihan pesertanya berjumlah 35 orang yang mana kita menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, dari pemeriksaan panas tubuh, sampai pembagian masker secara keseluruhan. Masuk kedalam materi, pengenalan alat untuk  metode latihan yang digunakan untuk meningkatkan power tungkai yang berfungsi untuk meningkatkan stamina, koordinasi, kelincahan, dan kecepatan dengan menggunakan alat hurdle drills dan ladder drills


Pemaparan materi

Dengan pemahaman tersebut mitra mampu meng aplikasikan teori ini didalam pembelajaran baik itu secara daring karna masih berada didalam situasi pandemi, maupun nantinya bisa dilakukan secara face to face/ lansung. Sehingga bisa mencapai tujuan dari pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan Negara. Hasil dan luaran yang dicapai dari kegiatan ini adalah mitra mampu mempraktekan apa yang telah di jelaskan pemateri. Dengan pemahaman tersebut mitra mampu melakukan praktek Hurdle drills dan ladder Drills dengan baik serta dengan teknik yang bagus. Sehingga jika di ajarkan kepada siswa nya akan bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk perkembangan motorik siswa.


Praktek kegiatan pelatihan

Teknologi Digital Sebagai Kunci Utama Pada Era Industri 4.0 yang mana bersingkronisasi dengan teknologi, panitia membuat QR code untuk dapat meng akses Video pengabdian dipa LPPM lengkapnya, cara untuk menggunakannya pertama download aplikasi QR Code Reader dari Google Play, kemudian scan menggunakan aplikasi itu sehingga bisa di akses dan di tonton video pengabdian ini secara lengkap, sehingga memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat terkhususnya untuk guru pendidikan jasmani didalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif di Nusa Tenggara Timur maupun di Indonesia secara luasnya. Terimakasih


Kupang, 9 Agustus 2021

Yudabbirul Arif, M. Pd