Notification

×

Iklan

Iklan

MAN 1 Padang Panjang Adakan Tausyiah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

21 Oktober 2021 | 22.13 WIB Last Updated 2021-10-21T15:13:00Z


Padang Panjang - Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, MAN 1 Padang Panjang gelar kegiatan OSIM MANSAPAPA. Dimana siswa yang berinisiasi dan mengelola acara dibawah arahan guru pembina.

Acara digelar di lapangan Madrasah di hadapan siswa dan civitas akademika. Kepala Madrasah H. Julpiadi Hutabarat, S.Ag. M.S.I. menyambut baik kegiatan ini untuk memperbarui iman dengan tambahan ilmu bersama guru yang didatangkan dari Tanah Datar. 

"Saya harap agar materi yang diterima dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Sementara itu Pimpinan MTS Muhammadiyah Batusangkar Ustad Drs. H.Khairul Anwar, M.M yang diundang dalam kegiatan tersebut selaku penceramah menyampaikan terkait sarat ilmu yang dikemas oleh penceramah.

Mengawali kalimatnya, ustad Kharul memberi motivasi kepada siswa. "Siapa yang keluar dari rumahnya dengan niat menuntut ilmu maka selama dia menuntut ilmu itu pahala yang didapat sama dengan orang yang berjihad di jalan Allah sampai dia pulang kembali," ucapnya dengan tegas.

Selain itu, ia juga menghimbau agar selalu banyak berselawat kepada Nabi Muhmmad SAW karena beliau akan memberi syafaat nanti pada kehidupan berikutnya. Rasul yang punya syafaat itu hanya nabi Muhammad, maka syafaat itu akan diberikan oleh rasulullah bagi para pengikutnya.

Ada 3 hal yang harus jadi perhatian. Pertama akidah, jangan berakidah di luar akidah yang diajarkan oleh rasul. Kedua ibadah, ikuti ibadah rasul. Ketiga akhlak, maka tirulah akhlak rasul. 

Saking jujurnya dari kecil telah digelari masyarakat sekitarnya dengan sebutan Al Amin. Rasul itu dipuji langsung oleh Allah sebagai mana terdapat dalam surat Al Qalam ayat empat. Muhammad memiliki akhlak yang sangat agung budi, pekerti yang sangat mulia.

Mencari karunia Allah apapun bentuknya yang diharapkan adalah redha Allah. Ketika Allah redha, saat memperoleh nikmat, Allah memberi ketenangan kepada orang yang mendapat nikmat tersebut. Untuk itu perbanyaklah sujud karena umat Nabi Muhammad itu wajahnya kelihatan ada tanda ada bekas bahwa dia orang yang rajin sujud. 

Diakhir pembicaraannya, ustadh Khairul memimpin doa yang diaminkan oleh seluruh pendengar. Semoga kegiatan ini menjadi ladang amal karena selama kegiatan ini berlangsung, pendengar berada dalam majelis ilmu. (amz) 
×
Kaba Nan Baru Update