Notification

×

Iklan

Iklan

Peringati HSN, Wabup Pasaman Bertindak Sebagai Irup Upacara

21 Oktober 2021 | 21.22 WIB Last Updated 2021-10-21T14:22:51Z



Pasaman -- Wakil Bupati Pasaman Sabar AS berpesan kepada santri pesantren ranah Pasaman untuk belajar dengan baik sebagai estafet pimpinan umat dan bangsa di masa mendatang, kamis (21/10) di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman.


Di samping itu, alumni siswa MTsN 2 Pasaman itu menegaskan Pemerintah Daerah siap memberikan dukungan besar terhadap misi dan tujuan dari tema Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021 yakni “Santri siaga jiwa raga”, karena selaras dengan visi misi Pemeritah yang dipimpinnya bersama Bupati Benny Utama saat ini.


Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) hari santri di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, Wabup menyampaikan sambutan resmi Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengajak untuk bersyukur karena pesantren telah mendapatkan 'kado indah' dari Presiden Joko Widodo berupa Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren, dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia pendidikan di lembaga tempat ia belajar, generasi yang identik selalu memakai kain sarung.


Ia juga menyampaikan, melalui tema "santri siaga jiwa raga" ini agar menjadi komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu dan akhlak, melainkan juga tazkiyatun nafs, yaitu mensucikan jiwa dengan cara digembleng melalui berbagai 'tirakat' lahir dan bathin yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.


Kepala Kankemenag Kabupaten Pasaman Gusman Piliang mengucapkan rasa syukur dalam memperingati HSN tahun ini. Besar harapannya, akan kemajuan dunia pendidikan pondok pesantren khususnya di ranah Pasaman yang memiliki tokoh-tokoh agama dan ulama yang lahir dari pendidikan pesantren.


Menurutnya, dengan lahirnya Perpres tersebut, menunjukkan adanya I’tikad baik dan penghargaan dari pemerintah kepada santri. Pemerintah punya perhatian terhadap kemajuan mutu pendidikan pesantren.


Dan ia juga berharap, dengan tema HSN menjadi komitmen serta tekad santri serta pondok pesantren khususnya di Pasaman untuk tumbuh semangat mempertahankan kemerdekaan negara dengan berakhlakul qarimah dan memberikan kontribusi yang baik kepada bangsa dan negeri yang bervisikan Pasaman yang lebih baik dan bermartabat.


Dimomen istimewa ini, Wabup menyerahkan sejumlah penghargaan kepada pesantren yang dinyatakan sebagai terbaik dan tercepat dalam penginputan data Emis. Juga penghargaan kepada madrasah-madarsah negeri dan swasta yang dinilai terbaik dalam data Emis.


Pelaksana tugas Kepala Seksi Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren Sulpan Amri menambahkan, sebagai pelaksana upacara adalah para santri dan upacara diikuti oleh pejabat-pejabat dan ASN lingkup Kemenag Pasaman, Pimpinan Pesantren, Kepala Dinas Pendidikan, Perbankan serta tamu lainnya. (Dim)

×
Kaba Nan Baru Update