Notification

×

Iklan

Iklan

Sukseskan Program Kesehatan Nasional, Suir Syam Adakan Sosialisasi BPJS Kesehatan

20 Oktober 2021 | 11.47 WIB Last Updated 2021-10-20T04:47:27Z


Padang Panjang -- Dalam upaya menyukseskan Program Jaminan Kesehatan Nasional, anggota Komisi IX DPR-RI, dr. H Suir Syam, M.Kes. MMR bersama dengan BPJS Kesehatan menyelenggarakan Sosialisasi Program Kesehatan Nasional untuk seluruh masyarakat Kota Padang Panjang. 

Mengangkat tema Dengan Gotong Royong, Semua Tertolong, kegiatan dilaksanakan bertempat di Gedung M. Syafei Kota Padang Panjang, Rabu (20/10/2021). 

Suir Syam yang juga bertindak sebagai narasumber dalam acara kali ini menyampaikan apresiasinya pada pelaksanaan kegiatan yang berjalan baik di Kota Padang Panjang. 

Ia menyebutkan melalui sosialisasi program BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program, Komisi IX DPR RI sebagai pengawas penyelenggaraan program pemerintah terkait dengan program pemerataan pelayanan kesehatan.

“BPJS Kesehatan ini adalah program unggulan Pemerintah yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat namun masih harus terus dilakukan perbaikan, untuk itu kehadiran kami disini selain untuk menyampaikan ketentuan kami ingin menampung hal-hal yang menjadi kendala serta saran dari bapak ibu sekalian terkait penyelenggaraan program ini," ungkapnya.

Selama pelaksanaan sosialisasi, Suir Syam menjelaskan tentang keseimbangan hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam bidang kesehatan.

“Secara konstitusional, negara wajib memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya,  langkah awalnya dibuktikan dengan dibentuknya Program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang adil dan merata kepada seluruh masyarakat." ujarnya

Beliau juga mengapresiasi pemerintahan Kota Padang Panjang yang telah menjadi pelayan yang baik untuk masyarakat kota Padangpanjang dalam hal palayanan kesehatan.

Kepala Dinas Kota Padang Panjang Drs. H.Nuryanwar, Apt, MM, M.Kes, MMR yang mewakili pemerintahan kota. Mengucapkan terimakasih atas kegiatan ini. Hal ini sangat membantu pemerintahan daerah terkait dengan program kesehatan kota kita.


Saat ini jaminan kesehatan masyarakat kota Padangpanjang sudah menyentuh sampai angka 96,16%. Semoga dengan kegiatan sosialisasi ini cita-cita kita untuk memberikan layanan 100% dapat terpenuhi dengan cepat.

Hadir sebagai pemateri kedua pada kegiatan sosialisasi itu Randy Giovany, A.Md selaku PLH. Kabid Kepesertaan BPJS Kesehatan Bukittinggi.

Dalam paparannya beliau menyampaikan, bahwa angka statistik menunjukkan selama kurun waktu 7 tahun penyelenggaraan BPJS Kesehatan, angka kemiskinan yang ditimbulkan akibat penyakit menurun tajam. “Hal ini juga menggambarkan bahwa semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaat layanan kesehatan tanpa kekhawatiran akan ketiadaan biaya,” jelasnya.

Selain pemberian informasi perihal hak dan kewajiban sebagai peserta Program JKN dan posisi Negara dalam keberlangsungan program JKN Randy pun turut memberikan motivasi terhadap pola perilaku hidup sehat yang harus diterapkan, serta terus mengingatkan tentang protokol kesehatan dalam pencegahan penularan Covid-19.

“Jangan pernah lupakan 3 M, Menjaga jarak aman, memakai masker dan Mencuci tangan dengan sabun, seperti yang sudah kita terapkan dalam pelaksanaan sosialisasi ini, dan apresiasi saya kepada BPJS Kesehatan yang telah mempersiapkan segala sesuatunya,” tambah Randy.

Mengambil tempat di Gedung pertemuan Muhammad Syafe'i dengan tetap menerapkan pedoman protokol pencegahan penularan covid-19 kegiatan ini dihadiri sebanyak 200 orang peserta dari berbagai kelurahan yang ada di Kota Padangpanjang, Sumatra Barat. (JED) 
×
Kaba Nan Baru Update