Notification

×

Iklan

Iklan

Pokdarwis Pesona Sumpur Butuh Dukungan untuk Wujudkan Destinasi Wisata Berkelanjutan

04 November 2021 | 18.53 WIB Last Updated 2021-11-04T11:53:58Z

Tanah Datar -- Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH menerima kunjungan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Sumpu, diruang Rapat Sekda, Kantor Bupati, Pagaruyung, Kamis (4/11). 

Dikatakan dalam kunjungan itu, Pokdarwis Pesona Sumpur berhasil meraih Juara III di ajang Apresiasi Pokdarwis tingkat Sumatera Barat tahun 2021.
 
Ditahun yang sama, dibawah binaan Pokdarwis Pesona Sumpur, Kampung Minang Nagari Sumpur berhasil masuk nominasi 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).
  
Dari hal itulah, Wabup Richi mendukung pengembangan destinasi wisata di Nagari Sumpur. “Kita sangat berbahagia dengan prestasi yang telah diraih Pokdarwis Pesona Sumpur, tentu ini menjadi tugas kita semua untuk bekerja sama mengembangkan destinasi yang ada di Sumpur,” ujar Wabup Richi.
 
Nagari Sumpur memiliki potensi yang sangat luar biasa, beberapa diantara perlu pengelolaaan secara baik, salah satunya menjaga ekositem Danau Singakarak, sebagai cara pelestarian ikan Bilih sebagai hewan endemik.
 
“Terkait pelestarian ikan Bilih, pemerintah Tanah Datar telah menyampaikannya kepada Kementerian KKP, mudah-mudahan ini menjadi langkah awal untuk menarik kunjungan wisata lebih banyak ke nagari Sumpur, Tanah Datar pada umumnya,” ujar Wabup Richi. 
  
Ketua Pokdarwis Pesona Sumpu Zuherman mengharapkan apa yang telah diraih saat ini, dapat ditingkatkan kedepannya, “Suatu kebanggaan berhasil meraih prestasi baik di tingkat propinsi maupun nasional, kita berharap semua ini tidak berlalu begitu saja, ibarat kembang api, terlihat indah hanya beberapa saat. Kata lainnya, kita ingin berkembang,” ujar Zuherman. 

Zuherman  mengatakan pengembangan destinasi wisata di nagari Sumpur sebagian besar mengutamakan budaya dan kearifaan lokal, maka dari itu perlu kerja sama untuk menjadikannya wisata berkelanjutan.
 
“Banyak yang harus dievaluasi menyangkut wisata di Nagari Sumpur, masih terdapat kekurangan untuk dilengkapi, kita perlu dukungan dari masyarakat maupun pemerintah daerah sebagai pemangku kebijakan,” ujar Zuherman.
 
Turut hadir pada saat itu anggota DPRD Tanah Datar Fraksi Gerindra Kamrita, Kepala Dinas BMDPPKB Tanah Datar Novenril, Kepala Kesabangpol Tanah Datar Irwan, Camat Batipuh Selatan Benny Yohenri, Kasubag Perundang-undangan Setda Tanah Datar Yulku Nofri, Kasi Pariwisata Dinas Parpora Tanah Datar Renti Amelia, Ketua BPRN Sumpur dan pihak Wali Nagari Sumpur. (Rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update