Notification

×

Iklan

Iklan

Genius Umar Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya Bidang Kelautan Tahun 2021

21 Desember 2021 | 08.28 WIB Last Updated 2021-12-21T17:29:47Z


Kota Pariaman | pasbana --- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Anugerahi Walikota Pariaman, Genius Umar, penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya Bidang Kelautan Tahun 2021.


Satyalancana Wira Karya adalah tanda kehormatan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia, kepada para warganya yang telah memberikan darma baktinya yang besar kepada negara dan bangsa Indonesia, sehingga dapat menjadi teladan bagi orang lain.


Setelah melewati rangkaian penilaian baik melalui virtual maupun pemaparan langsung dan survey ke lapangan, Tim yang terdiri dari KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) dan Kemensesneg (Kementerian Sekretariat Negara) ini, telah menyimpulkan dan menetapkan Walikota Pariaman periode 2018-2023 ini, sebagai salah satu penerima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya di Tahun 2021.




"Tanda kehormatan Satyalencana Wira Karya Bidang Kelautan Tahun 2021 yang kami terima ini, merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi saya pribadi dan Pemerintah Kota Pariaman. Hal ini sesuai dengan tujuan kita dalam mengembangkan wilayah pesisir bagaimana pengelolaan laut di Kota Pariaman mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, tanpa merusak ekosistem yang ada," ungkap Genius Umar setelah menerima petikan keputusan Presiden RI tersebut, Senin (20/12).


Ia mengatakan bahwa Penghargaan ini tidak terlepas dari dukungan dari semua pihak dan semua stakeholder terkait, baik OPD di pemerintah daerah, penggiat wisata, penggiat lingkungan, pemerhati kebaharian, serta masyarakat Kota Pariaman sendiri, yang bahu membahu membangun sektor bahari menjadi wisata dan ekonomi masyarakat.


"Yang menarik perhatian tim penilai, adalah program kerja untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kota Pariaman, lewat program Saga Saja (Satu Keluarga Satu Sarjana), dimana kita membiayai kuliah warga tidak mampu di kampus-kampus vokasi, dimana nanti setelah mereka tamat, mereka dapat bekerja untuk meningkatkan perekonomian keluarga dan dapat mengentaskan kemiskinan," terangnya.


Walikota Pariaman, Genius Umar dianugerahi Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya, berdasarkan Petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia, Nomor 123/TK/ Tahun 2021, tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya, tertanggal 7 Desember 2021.


Dalam petikan Surat Keputusan Presiden tersebut menyebutkan "Genius Umar dengan jabatan Walikota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, sejak tahun 2018-sekarang, berjasa meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang kelautan dan perikanan melalui Program Saga Saja (Satu keluarga Satu Sarjana) bidang kelautan dan perikanan, serta berhasil mengoptimalkan kawasan pesisir perkotaan melalui program Pengembangn Ekowisata Bahari Berkelanjutan dan Water Front City, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan kesadaran masyarakat pada lingkungan. (J)

×
Kaba Nan Baru Update