Notification

×

Iklan

Iklan

HUT Kota Payakumbuh Ke 51, Momen Evaluasi Bagi Pemko Payakumbuh

17 Desember 2021 | 17.07 WIB Last Updated 2021-12-17T10:07:15Z


Payakumbuh | pasbana - Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus berharap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Payakumbuh Ke-51 bukanlah sekedar mengulang-ulang peristiwa bersejarah dan mengingat kronologis lahirnya Kota Payakumbuh. Namun kegiatan ini akan jauh lebih bermakna, jika peringatan ini dijadikan sebagai momen untuk melakukan koreksi, instropeksi dan evaluasi terhadap jalannya pemerintahan di Kota Payakumbuh.

Hal itu disampaikan Hamdi, Politikus PKS itu saat memimpin rapat paripurna HUT Kota Payakumbuh di kantor DPRD, Jumat (17/12).

Rapat tersebut turut diikuti oleh Wakil Ketua DPRD Wulan Denura dan Armen Faindal, Wali Kota Riza Falepi, Gubernur Sumbar diwakili Sekdaprov Benni Warlis, Ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi dan Wakil Ketua DPRD Irsyad Syafar, serta tampak anggota DPRD Kota Payakumbuh, Sekwan Yon Refli, Kepala OPD, dan tokoh masyarakat.

Dijelaskannya, menapaki usia yang ke-51 pada Tahun 2021 ini, Kota Payakumbuh telah banyak monoreh catatan-catatan dan prestasi penting dengan segala permasalahan dan dinamikanya, yang tentunya merupakan bagian yang tidak mungkin terpisahkan dari sejarah perjalanan dan perkembangan Kota Payakumbuh dari tahun ke tahun.

"Angka 51 berdirinya Kota Payakumbuh merupakan angka yang terbilang cukup besar, jika kita merujuk kepada apa yang telah berhasil kita perbuat untuk kota ini. Usia 51 tahun menunjukan kedewasaan dan kemapanan Kota Payakumbuh, namun masih banyak kekurangan-kekurangan yang harus dibenahi, ketidak sempurnaan yang harus diperbaiki demi mengukir dan merubah wajah serta penampilan Kota Payakumbuh, sehingga bisa berdiri sejajar dengan Kota-Kota yang telah maju lainnya di negara Indonesia yang kita cintai ini," kata Hamdi.

Hamdi menambahkan, di bawah kepemimpinan seluruh wali kota, Kota Payakumbuh selalu bergerak ke arah kemajuan dan kebaikan. Karena masing-masing wali kota telah meninggalkan berbagai pembangunan yang monumental baik secara fisik maupun non fisik yang tidak bisa kita pandang sebelah mata. 

"Demikian juga dengan Wali Kota Riza Falepi dan Wakilnya Erwin Yunaz telah banyak mencapai kemajuan dan perubahan yang signifikan dalam pembangunan baik fisik maupun mental di Kota Payakumbuh. Kita sangat senang pada saat ini kita melihat wajah Payakumbuh yang begitu mempesona dan pembangunan fasilitas umum yang begitu pesat. Banyak bermunculan destinasi wisata baru, serta sarana dan prasarana umum yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Namun demikian, kita juga masih menyisakan banyak pekerjaan yang musti kita selesaikan secara bersama sama, baik permasalahan dibidang sosial, ekonomi, budaya dan pembangunan fisik lainnya yang berguna untuk kemaslahatan masyarakat," kata Hamdi.

Hamdi juga menyampaikan kepemimpinan wali kota untuk periode yang kedua ini telah berlangsung lebih kurang empat tahun dan masih tersisa selama kurang satu tahun lagi. 

"Kami menyadari bahwa peringatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 51 ini merupakan peringatan HUT yang terakhir bagi beliau selaku wali kota, dan melalui kesempatan ini pula Kita sangat berharap kepada wali kota dan wakil wali kota tetap bersemangat meningkatkan sinergitas dengan DPRD untuk mewujudkan Payakumbuh Maju, Sejahtera dan di Ridhoi Allah SWT," ujarnya.

Selanjutnya, Hamdi menyampaikan harapan kepada Wali Kota Payakumbuh agar setiap program daerah yang telah direncanakan dapat secepatnya direalisasikan agar manfaatnya dapat dirasakan seluruh masyarakat. DPRD selaku wakil rakyat Kota Payakumbuh akan selalu mendukung program dan kebijakan yang telah ditetapkan.  

"Di samping itu kami juga berharap kepada semua komponen masyarakat Kota Payakumbuh, tetap semangat bekerja dan beraktivitas memberikan karya-karyanya demi kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Payakumbuh. Begitu juga komunikasi, koordinasi dan sinergi antar semua pihak dapat terus dikembangkan sehingga semua bisa bahu membahu membangun dan menata kota Payakumbuh," tukuknya.

Hamdi menjelaskan, pada peringatan HUT Kota Payakumbuh tahun ini kita masih berada pada Pandemi Covid-19. Namun harus diakui bahwa perkembangan Covid-19 di Indonesia secara umum dan Kota Payakumbuh khususnya sudah mulai melambat dan berkurang, tetapi kita juga harus tetap hati hati dan selalu mematuhi protokol kesehatan sampai Pandemi ini benar benar dinyatakan berakhir. 

"Oleh karena itu kepada undangan yang hadir, kami ucapakan terimakasih atas kepatuhan kita semua terhadap protokol kesehatan, kami berharap semoga kepatuhan ini juga diterapkan tidak hanya dalam kegiatan Hari Ulang Tahun Kota Payakumbuh, tetapi juga disetiap kegiatan di Kota Payakumbuh," ujarnya.

Hamdi menyampaikan meskipun peringatan ini dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19 yang sudah mulai menurun perkembangannya, tetapi tidak mengurangi semangat dan kebahagiaan menyambut Hari Ulang Tahun Kota Payakumbuh tercinta ini.

"Semoga semangat semuanya selalu membara untuk memajukan kota ini, sehingga mampu mengharumkan Kota Payakumbuh di tingkat nasional, bahkan mungkin internasional," harap Hamdi.

"Semoga petuah-petuah dan nasehat-nasehat dari para ulama, niniak mamak, tokoh masyarakat, cadiak Pandai kita selalu tercurah sehingga kota kita ini selalu tenteram, nyaman dan diberkahi oleh Allah Subhanahu Wata’ala, Amin Ya Rabbal Alamin. Kami berharap dengan kebersamaan kita semua disini yang mewakili semua lapisan masyarakat, pembangunan Kota Payakumbuh dapat memperoleh hasil maksimal. Karena sesungguhnya kebersamaan dan saling mendukung itulah yang dapat dikatakan sebagai prestasi dan kemajuan Kota Payakumbuh," tambahnya.

Hamdi menyampaikan hampir sepanjang tahun 2021 kita berada dan dilanda Pandemi Covid 19 yang mengakibatkan terganggunya seluruh aktifitas masyarakat. Namun hal ini tidak menghalangi Kota Payakumbuh meraih prestasi yang sangat bergengsi dan membanggakan baik ditingkat Provinsi maupun tingkat Nasional. Penghargaan itu pada hakikatnya adalah milik masyarakat Kota Payakumbuh, terutama semua pihak yang telah memainkan peran masing-masing sesuai porsi dan kompetensinya. 

"Apa yang kita lihat dengan Kota Payakumbuh hari ini adalah merupakan upaya maksimal yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh. Pembangunan tidak pernah bisa dilaksanakan tanpa adanya sebuah pemerintahan yang kuat, yaitu sinergitas antara Pemerintah Kota Payakumbuh dan DPRD Kota Payakumbuh. Dirgahayu 51 Tahun Kota Payakumbuh, Tumbuh Bangkit dan Menang “Payakumbuh Menanam, Payakumbuh Lestarikan Alam”," tukuknya.

Terkahir, Hamdi Agus menyebut Berdasarkan Peraturan Perundangan Undangan yang berlaku dan kesepakatan para pendahulu, tanggal 17 Desember 1970 ditetapkan sebagai Hari lahirnya Kota Payakumbuh. Oleh karena itu, setiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Kota Payakumbuh dengan berbagai rangkaian kegiatan yang salah satunya dengan melaksanakan Rapat Paripurna DPRD Kota Payakumbuh. 

"Rapat Paripurna ini merupakan bentuk rasa syukur atas segala nikmat dan rahmat yang diberikan oleh Allah SWT, sehingga sampai pada usia yang ke -51 Tahun berdirinya Kota Payakumbuh.  Dalam kesempatan ini kepada Warga Kota Payakumbuh, dan jajaran Pemerintah Daerah kami sampaikan Selamat Hari Ulang Tahun Kota Payakumbuh ke-51 pada tanggal 17 Desember 2021," kata Hamdi diamini anggota dewan lainnya. (BD)
×
Kaba Nan Baru Update