Notification

×

Iklan

Iklan

Sibelius: Aplikasi Musik Mempermudah Mengajar Seni Musik Untuk Siswa

09 Maret 2022 | 08.50 WIB Last Updated 2022-03-09T01:50:49Z

Ditulis oleh: Zulkarnaen, M. Sn *) 



pasbana.com --  Aplikasi musik itu banyak, diantaranya encore, finale, sibelius, musecore, scorecreator, musiclab, dll. Dalam artikel ini penulis menceritakan tentang sibelius, yang menurut  penulis lebih gampang baik dalam seting layout, seting alat/instrumen musik. Sibelius sudah penulis gunakan sejak tahun 2000-an, dari sibelius versi 3 sampai sekarang sibelius ultimate.

Akhir-akhir ini penulis menjelaskan notasi musik kepada siswa dengan menggunakan sibelius ultimate. Sebenarnya sibelius ultimate dengan versi lama, tak ada yang signifkan, paling fitur, PDF, pemilihan instrumen musik. Bagi siswa perkembangan fitur sibelius tak begitu penting. Yang penting adalah bagaimana siswa paham tentang musik balok.

Aplikasi sibelius dapat menjelaskan kepada siswa, bagaimana notasi musik penuh sampai notasi musik sepertigapuluh dua. Sementara untuk siswa, jika sudah menguasai notasi musik seperdelapan saja, itu sudah cukup. Sibelius membantu notasi penuh seperti apa bunyinya, seperti apa bentuknya, dengan bentuk notasi seperti huruf O lalu pada aplikasi ditekan play, lalu keluar bunyi sebanyak empat hitungan. Dengan berbagai variasi tempo atau kecepatan.

Notasi penuh atau notasi empat ketukan tergolong mudah, notasi tiga ketukan dan notasi dua ketukan juga mudah. Yang menjadi sulit adalah saat menggabungkan beberapa notasi dengan tempo yang diseting, lalu tanpa berhenti atau sesuai yang dituliskan, apalagi penggabungan notasi satu ketukan dan notasi setengah ketukan, siswa sudah bingung. Namun latihan berulang-ulang, dan dengan menggunakan sibelius, kesulitan di kelas seni musik, menjadi teratasi.

Aplikasi sibelius, penampilan pertama saja sudah menarik, saat membuka aplikasi, pengguna diarahkan pada berbagai contoh karya musik untuk anak sekolahan. Lalu ditawarkan penggunaan tanda birama berapa, nada dasar apa, posisi membuat judul karya musik. Setelah semua selesai, jika pun ingin mengeditnya, ditengah pekerjaan, pengguna dapat mengubahnya sesuai keinginan.

Siswa merasakan kemudahan dalam pembelajaran seni musik, mempelajari notasi musik, yang dengan istilah notasi balok, terkenal susah, dengan sibelius, notasi balok menjadi mudah dipahami, terlebih menyamakan tempo, nilai not, dan ritme. Aplikasi sibilius menjadi mainan bunyi, mainan suara yang menarik untuk didalami, sehingga melahirkan beberapa karya musik selevel siswa.

*). Penulis adalah, Guru Seni Budaya SMPN Binsus Kota Dumai, Anggota Dewan Kesenian  Daerah Kota Dumai, penulis buku, dan  penulis diberbagai media online nasional.

×
Berita Terbaru Update