Notification

×

Iklan

Iklan

Mengemas Informasi Jadi Interaktif

23 Mei 2022 | 10.16 WIB Last Updated 2022-07-01T01:52:44Z
Sumber Foto: Pexels


pasbana  - Perkembangan teknologi adalah keniscayaan. Jika dulu berita dikabarkan hanya lewat teks, yakni media cetak; atau lewat tayangan gambar, untuk televisi; serta suara, untuk radio; kini dengan berkembangnya media digital ketiganya bisa disampaikan sekaligus.   
   
Adanya video dan audio, serta infografis yang interaktif pada teks berita membedakan cara melaporkan berita di media digital dengan zaman dulu. Yang juga membedakan penyampaian berita saat ini dengan sebelumnya adalah keterlibatan pembaca dalam pemberitaan.   
   
Saat ini berbagai media memberikan kesempatan pembaca atau warga diberi ruang untuk menyampaikan ide-ide liputan hingga merespons berita yang telah tayang.   
   
Dengan membuatnya interaktif, pembaca bisa menikmati berita dengan lebih menyenangkan dan menyeluruh. Selain itu, mereka pun bisa memberikan timbal balik, mulai dari proses pembuatan berita hingga setelah publikasinya.   
   
Media interaktif adalah metode komunikasi di mana output dari media berasal dari masukan dari pengguna. Media interaktif yang bekerja dengan pengguna partisipasi. Media masih memiliki tujuan yang sama tapi masukan pengguna menambahkan interaksi dan membawa fitur-fitur menarik untuk sistem untuk kenikmatan yang lebih baik.Berdasarkan penjelasan pada jenis-jenis media pembelajaran, bahwa Seels & Glasgow (dalam Arsyad,2002:33) mengelompokkan media interaktif merupakan kelompok pilihan media teknologi mutakhir.

Media teknologi mutakhir sendiri dibedakan menjadi media berbasis telekomunikasi, misalkan teleconference,kuliah jarak jauh, dan  media berbasis mikroprosesor, misalkan computer-assistted instruction,permainan komputer, sistem tutor intelejen, interaktif,hypermedia, dan compact (video) disc.
   
Untuk menarik perhatian masyarakat, informasi yang disajikan secara online harus dikemas secara baik. Oleh karena itu terdapat elemen- elemen yang merupakan bagian penting dalam multimedia interaktif.

Lima elemen penting dalam penyampaian informasi interaktif yaitu teks, gambar atau foto, suara atau audio, animasi, dan video. Penggunaan elemen- elemen tersebut harus direncanakan oleh jurnalis sebelum proses pengunggahan. Hal ini dilakukan agar informasi yang diberikan saling melengkapi pada setiap elemen. Makin Tahu Indonesia (Rel/bd)
×
Kaba Nan Baru Update