Notification

×

Iklan

Iklan

Zulfikar Rizki Ananda Wakili Sumbar pada Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

19 Juni 2022 | 10.48 WIB Last Updated 2022-06-20T03:51:30Z



Solok, pasbana   – Segala perjuangan Pemuda Pelopor Kota Solok untuk penilaian tingkat Provinsi Sumatera Barat berakhir dengan manis.


Setelah dua tahun berturut-turut menduduki peringkat kedua atas nama Hendra “Si Peternak Kambing” Saputra di Bidang Pangan, akhirnya tahun ini Pemuda Pelopor Kota Solok juara pertama di tingkat provinsi dan melaju ke tingkat nasional.


Zulfikar Rizki Ananda pendiri sanggar Alang Bangkeh Art Production berhasil meraih juara pertama di Bidang Agama, Sosial dan Budaya pada Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumatera Barat.


Kemenangan Zulfikar Rizki Ananda ini ditandai dengan keluarnya Surat Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 426-486-2022 tentang Penetapan Pemenang Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Sumateram Barat Tahun 2022 yang diterima secara resmi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok, Jumat (19/6).


Rizki, sapaan akrab Zulfikar Rizki Ananda merupakan pendiri Sanggar Alang Bangkeh yang fokus pada pelestarian kesenian tradisional Minangkabau khususnya di Kota Solok, seperti Tari Piriang di Ateh Karambia, yang merupakan tarian tradisional khas Kota Solok.


“Awalnya saya tidak menyangka bisa menang, namun dengan usaha dan kerja keras kemenangan ini adalah sebagai langkah awal bagi saya untuk bisa kembali berjuang lebih keras di pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional nantinya,” ujar Rizki.


Pemuda berusia 27 tahun ini berharap dapat memberikan yang terbaik bagi Kota Solok dan Provinsi Sumatera Barat pada Pemilian Pemuda Pelopor Tingkat Nasional nanti.


“Saya harap upaya yang sudah saya lakukan bisa menjadi motivasi buat pemuda yang lain, semoga ke depannya segala sesuatu yang dilakukan, bisa bermanfaat bagi orang banyak,” ucap Rizki menyampaikan harapannya.



Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok, Dodi Osmond mengatakan ini adalah kali pertama bagi Kota Solok juara pertama pada Pemilihan Pemuda Pelopor dan mewakili sumbar untuk pemilihan nasional.


“Setiap tahun ada kegiatan pemilihan pemuda pelopor tingkat Sumatera Barat, dan tahun kemarin perwakilan Kota Solok dua kali berturut-turut juara dua. Prestasi yang diraih oleh Zulfikar Rizki Ananda ini merupakan pertama kali bagi perwakilan Kota Solok sejak digelarnya Pemilihan Pemuda Pelopor,” ungkap Kadispora saat ditemuai di ruang kerjanya bersama Kabid Pemuda, Pris Gusfo Pertason.


“Kami sangat bangga sekali adinda Zulfikar Rizki Ananda meraih juara pertama di Tingkat Sumatera Barat pada Pemilihan Pemuda Pelopor. Untuk tingkat Nasional nanti kami berpesan kepada Rizki untuk bekerja lebih keras lagi, karena pesaingnya se-Indonesia,” pesan Kabid Pemuda menambahkan.


Pada pemilihan Pemuda Pelopor Tahun 2022 ini Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat membagi dalam 5 bidang penilaian, di antaranya Bidang Pendidikan, Bidang Pangan, Bidang Agama, Sosial dan Budaya, Bidang SDA, Lingkungan dan Pariwisata dan Bidang Inovasi Teknologi.


Tahun ini, Kota Solok mengirim dua perwakilan untuk kategori Bidang Pangan atas nama Siska Yulianti dan Bidang Agama, Sosial dan Budaya diwakili oleh Zulfikar Rizki Ananda. (Rilis) 


Rekap Pemenang Pemilihan Pemuda Pelopor Tingakat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022
1. Bidang Agama, Sosial dan Budaya
a) Zulfikar Ananda Rizki dari Kota Solok
b) Roby Hably dari Kab. Lima Puluh Kota
c) Rio Friyadi dari Kota Bukittinggi


2. Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata.
a) Fadhilul Qosasi dari Kota Payakumbuh
b) Dedi Setiawan dari Kota Padang
c) Govinda Yuli Efendi dari Kab. Sijunjung


3. Bidang Pendidikan
a) Zukril Husnah dari Kota Padang Panjang
b) Putri Mulya dari Kota Padang
c) M. Iqbal Harpennas dari Kab. Lima Puluh Kota


4. Bidang Pangan
a) Fadli Rahmadi dari Kab. Agam
b) Noveri yanda Pratama dari Kab. Pasaman
c) Muttaqin dari Kab. Lima Puluh Kota


5. Bidang Inovasi Tekhnologi
a) M. Ikhsan dari Kota Payakumbuh
b) Nurul Afdal dari Kab. Lima Puluh Kota
c) Guswandi dari Kab. Sijunjung


×
Kaba Nan Baru Update