Notification

×

Iklan

Iklan

Alek Pacu Jawi Bakal Rutin Digelar di Luhak Nan Tuo

27 Agustus 2022 | 21.27 WIB Last Updated 2022-08-28T01:29:12Z


Tanah Datar, pasbana - Alek pacu jawi kembali digelar, kali ini diadakan di Sawah Batuang Jorong Sungai Tarab Nagari Sungai Tarab, Sabtu (27/8/2022).

Alek pacu jawi menjadi salah satu warisan budaya tak benda kebanggaan Luhak Nan Tuo, yang terbukti mampu menarik minat wisatawan lokal bahkan mancanegara untuk datang menyaksikannya. 

Iven ini menjadi kebanggaan dan andalan Tanah Datar untuk menggaet wisatawan . Dan alek pacu jawi juga terbukti membuat roda perekonomian masyarakat bergerak.

Ada 3 manfaat langsung dari pelaksanaan Alek Pacu Jawi, yaitu menggairahkan peternakan sapi, menjadi destinasi wisata dan mampu membuka lapangan kerja atau menggerakkan perekonomian masyarakat. 

Ketua Persatuan Olahraga Pacu Jawi (PORWI) Tanah Datar A Dt. Indomo mengatakan, pelaksanaan Alek Pacu Jawi selepas pandemi sudah rutin dilaksanakan setiap sabtu. 

"Alek pacu jawi sudah bisa dilaksanakan secara rutin, namun Sabtu kemarin sempat absen karena sawah lokasi pacu banyak yang kering, namun Alhamdulillah hari ini bisa kita laksanakan lagi," katanya. 

Dikatakan A Dt. Indomo, antusias masyarakat cukup tinggi, karena alek ini juga menjadi ajang silaturahmi sekaligus hiburan bagi masyarakat. 

"Insya allah, ke depan sesuai harapan kita semua, PORWI Tanah Datar bakal membuat agenda rutin untuk alek pacu jawi ini, karena tradisi budaya kita ini memang sudah terkenal sampai manca negara dan menjadi kebanggaan kita semua," katanya. (Rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update