Notification

×

Iklan

Iklan

HUT RI Ke 77 Di Kota Randang Bakal Kembali Semarak Pasca Dilanda Covid-19

01 Agustus 2022 | 20.38 WIB Last Updated 2022-08-02T00:39:42Z


Payakumbuh, pasbana- Sejak dilanda Pandemi Covid-19 pada awal 2020 lalu, kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia di berbagai daerah sempat vakum. Tidak ada lagi arak-arakan marching band dan karnaval siswa sekolah seperti biasa di jalan.

Namun, pada perayaan HUT RI ke 77 tahun 2022 ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dasril memastikan akan adanya iven Pawai Alegoris Dan Karnaval Kreasi Sekolah di Kota Randang setelah diputuskan dalam rapat panitia HUT RI di Kota Payakumbuh beberapa waktu lalu.

"Event yang melibatkan Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) Kota Payakumbuh ini akan diikuti oleh peserta dari SD, SLTP, dan SLTA serta madrasah. Bahkan ormas yang ingin berpartisipasi dalam iven ini dapat mendaftar ke dinas pendidikan pada minggu pertama bulan Agustus, sekaligus menentukan nomor loting," kata Dasril kepada media, di ruang kerjanya, Senin (1/8).

Dijelaskan Dasril, pawai ini akan diikuti oleh ribuan siswa sekolah dan berlangsung pada 18 Agustus 2022, mulai pukul 8 pagi, garis start di Lapangan Pacuan Kubu Gadang melewati jalan A Yani, dan finish di depan kantor pos Kota Payakumbuh.

"Dapat kita lihat di sekolah-sekolah tengah mempersiapkan siswa untuk tampil. Penampilan kreativitas anak-anak didik ini juga akan menjadi kado untuk wali kota dua periode Riza Falepi yang akan mengakhiri pengabdiannya, jadi insan pendidikan memberikan seusatu yang menarik dan terbaik," kata Dasril.

Ditambahkan kadis bertitel Doktor itu, sekolah bebas menampilkan berapa tim dan tema mereka, apakah drumband, pawai aleforis, atau pawai kreatifitas karya siswa, semuanya masuk dalam barisan pawai nantinya setelah diloting oleh panitia.

"1 sekolah mendapat 1 nomor lot, jadi apapun yang mereka tampilkan berada dalam 1 barisan sekolahnya masing-masing. Diperkirakan ada sekitar 150 sekolah yang ikut dalam kemeriahan HUT RI ke 77 tahun ini," ujarnya.

Terpisah, Ketua AKSI Kota Payakumbuh Aizur Hedi saat dihubungi media via seluler menyampaikan insan pendidikan sudah rindu beraktifitas di luar sekolah. Melalui iven ini kembali diberi kesempatan untuk menunjukkan kreatifitas anak didik.

"Kami merasa beesyukur dan terimakasih kepada Pemko Payakumbuh, sudah 2 tahun tak ada kegiatan pawai dalam HUT RI. Alhamdulillah, kita sudah sepakat dengan Pemda dan jajaean dinas, dengan melibatkan AKSI pada kegiatan pawai pada 18 Agustus 2022," ungkpanya.

Kepala SMKN 4 Payakumbuh itu juga menyampaian iven ini mendapat respon baik dari seluruh sekolah, bahkan AKSI ikut menjadi jembatan penghubung dari seluruh kepala sekolah, karena SMA, SMK, dan SLB berada di bawah naungan provinsi.

"Kami siap menyukseskan iven HUT RI di kota Payakumbuh. Kegiatan pawai yang sebagai hiburan, juga sebagai pemicu kebangkitan ekonomi UMKM," tukuknya. (BD)
×
Berita Terbaru Update